3 Doa Dimudahkan dalam Segala Urusan Lengkap Arab dan Latin

Minggu, 27 Agustus 2023 - 20:47 WIB
loading...
3 Doa Dimudahkan dalam Segala Urusan Lengkap Arab dan Latin
Ada beberapa doa yang diajarkan baginda Nabi Muhammad SAW agar dimudahkan dalam segala urusan. Foto/SINDOnews
A A A
Doa agar dimudahkan dalam segala urusan ini dapat diamalkan sebagai bentuk ikhtiar dan tawakkal kepada Allah. Sebagai hamba yang fakir (butuh) kepada Allah, seorang muslim diwajibkan bergantung hanya kepada Allah dan senantiasa memohon rahmat-Nya.

Selain doa Nabi Musa yang diabadikan Al-Qur'an (Surat Thaha ayat 25-27) "Rabbisyrahlii Shodrii wa Yassirlii Amrii.... (Ya Tuhanku, lapangkanlah untukku dadaku, dan mudahkanlah untukku urusanku), ada beberapa doa yang diajarkan baginda Nabi Muhammad ﷺ.

Doa dimudahkan dalam segala urusan ini dapat dibaca ketika dalam kesulitan. Juga bisa dibaca setiap hari atau selepas sholat. Berikut bacaan doanya lengkap Arab, latin dan terjemahan:

1. Doa Pertama
Doa ini bersumber dari Hadis yang diriwayatkan oleh Ibnu As-Sunni.

يَا حَيُّ يَا قَيُّوْمُ بِرَحْمَتِكَ أَسْتَغِيْثُ، وَأَصْلِحْ لِيْ شَأْنِيْ كُلَّهُ وَلاَ تَكِلْنِيْ إِلَى نَفْسِيْ طَرْفَةَ عَيْنٍ أَبَدًا

Yaa hayyu Yaa Qoyyuum Birohmatika Astaghiitsu, wa Ash-Lihlii Sya'nii Kullahu wa Laa Takilnii ilaa Nafsii Thorfata 'Ainin Abadaa.

Artinya: "Wahai Rabb yang Maha Hidup, wahai Rabb yang Berdiri Sendiri dan tidak butuh segala sesuatu, dengan rahmat-Mu aku minta pertolongan, perbaikilah segala urusanku, dan jangan serahkan kepadaku walau sekejap mata pun tanpa mendapat pertolongan dari-Mu, selamanya." (HR IbnuAs-Sunni46)

2. Doa Kedua
Doa kedua ini diriwayatkan oleh Ibnu Hibban. Berikut redaksinya:

اَللَّهُمَّ لا سَهْلَ إِلاَّ مَا جَعَلْتَهُ سَهْلاً وَ أَنْتَ تَجْعَلُ الْحَزْنَ إِذَا شِئْتَ سَهْلاً

Allahumma Laa Sahla illaa ma ja'altahu Sahlaa wa Anta taj'alul hazna idzaa Syi-ta Sahlaa.

Artinya: "Ya Allah tidak ada kemudahan kecuali apa yang Engkau jadikan mudah dan yang sulit bisa Engkau permudah bila Engkau kehendaki mudah." (HR Ibnu Hibban)

3. Doa Ketiga
Doa dimudahkan urusan berikutnya diriwayatkan oleh Imam Ath-Thabrani.

اللَّهُمَّ لَكَ الْحَمْدُ ، وَإِلَيْكَ الْمُشْتَكَى ، وَأَنْتَ الْمُسْتَعَانُ ، وَلا حَوْلَ وَلا قُوَّةَ إِلا بِاللَّهِ الْعَظِيمِ

Allahumma lakal hamdu wa ilaikal musytaka wa Antal musta'an, wa la hawla wa la quwwata illa billahil 'aliyyil 'azhiim.

Artinya: "Ya Allah, bagi-Mu segala pujian dan kepada-Mu segala pengaduan dan Engkaulah Zat yang dimintai pertolongan. Dan tiada daya dan tiada pula kekuatan kecuali dengan pertolongan Allah Yang Maha Agung." (HRat-Thabrani)

Baca Juga: 5 Doa Agar Dipermudah Segala Urusan Berdasar Al-Qur'an dan Hadis
(rhs)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1043 seconds (0.1#10.140)