Duel Usyk vs Dubois Sisakan Kontroversi, Petinju dan Promotor Pun Terbelah

Selasa, 29 Agustus 2023 - 07:08 WIB
loading...
Duel Usyk vs Dubois Sisakan Kontroversi, Petinju dan Promotor Pun Terbelah
Pertarungan tinju kelas berat antara Oleksandr Usyk dengan Daniel Dubois meninggalkan banyak tanggapan. / Foto: Reuters
A A A
WROCLAW - Pertarungan tinju kelas berat antara Oleksandr Usyk dengan Daniel Dubois meninggalkan banyak tanggapan. Pasalnya, laga tersebut sempat diwarnai kontroversi mengenai pukulan terlalu rendah atau low blow yang diluncurkan Dubois.

Dalam duel yang berlangsung di Wroclaw, Polandia, Minggu (27/8/2023) WIB itu, Usyk sempat roboh usai menerima pukulan Dubois di ronde kelima. Namun, pukulan yang diarahkan ke perut itu dinilai sebagai low blow oleh wasit.

Usyk pun mendapatkan waktu beristirahat, untuk memulihkan kondisinya, sebelum akhirnya mencetak kemenangan TKO di ronde kesembilan. Usyk nyaris saja kehilangan seluruh mahkota kelas berat IBF/WBA Super/WBO di tangan penantang asal Inggris tersebut.



Lantas, apakah pukulan Dubois yang sempat membuat Usyk jatuh di kanvas itu adalah pukulan low blow? Ataukah itu pukulan yang sah? Pertanyaan ini pun mendapat respons beragam dari para petinju lain, termasuk juga promotor hingga pelatih tinju. Opini soal kontroversi low blow itu pun memecah belah mereka.

Mantan juara dunia kelas welter super asal Inggris, Liam Smith mempertanyakan apakah di awal pertarungan wasit telah memeriksa celana para petinju yang akan bertanding.

"Itu sangat rendah. Apakah pelindungnya tinggi atau tidak (yang seharusnya ditarik di awal pertarungan jika tim Dubois merasa itu terllau tinggi), itu tepat di bawah pinggang," ungkap Liam Smith, seperti dikutip Sky Sports.

Liam Smith pun menyebutkan bahwa Usyk mengambil cukup banyak waktu beristirahat untuk memulihkan kondisinya usai pukulan tersebut. "Tetapi tidak ada yang bisa menjawab apakah dia duduk di kanvas jika wasit menghitungnya," sambungnya.

Duel Usyk vs Dubois Sisakan Kontroversi, Petinju dan Promotor Pun Terbelah
(Foto: Instagram @dynamite_daniel_dubois)

Petinju 35 tahun ini juga mencuit pandangannya terkait kontroversi low blow dalam duel Usyk vs Dubois. "Cara terbaik untuk menjelaskannya kepada orang-orang yang tidak mengerti. Wasit akan mendatangi para petarung sebelum pertarungan, menjelaskan peraturan, lalu memeriksa celana pendek, dan di tengah ring sebelum bel pertama berbunyi, dia akan mengatakan apakah ikat pinggang itu legal atau tidak. Dan dia tidak mengatakannya," tulisnya di akun Twitter @LiamBeefySmith.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1315 seconds (0.1#10.140)