Kisah Donald Trump Ancam Gelaran WRC 2017 Reli Meksiko

Kamis, 16 Maret 2017 - 17:00 WIB
Kisah Donald Trump Ancam Gelaran WRC 2017 Reli Meksiko
Kisah Donald Trump Ancam Gelaran WRC 2017 Reli Meksiko
A A A
GUANAJUATO - Tahukah Anda kalau ada fakta yang belum diketahui dari Kejuaraan Reli Dunia (WRC) 2017 di Guanajuato, Leon, Meksiko, 9-11 Maret lalu? Ya, ternyata kemenangan Donald Trump di pemilihan presiden Amerika Serikat ternyata menjadi ancaman masa depan gelaran World Rally Championship di Meksiko.

Selama masa kampanyenya, Trump berjanji memperketat kendali perlintasan dua negara antara Amerika Serikat dengan Meksiko. Kebijakan tersebut langsung berdampak pada turunnya mata uang Peso Meksiko ke tingkat terendah terhadap Dollar Amerika Serikat.
Podium juara WRC 2017 Reli Meksiko. (Foto-Red Bull)
Hal tersebut juga berdampak pada naiknya biaya yang harus dikeluarkan oleh panitia Reli Meksiko. Masalah finansial mereka kembali bertambah menyusul hengkangnya Volkswagen (VW) dari sponsor utama event reli yang berbasis di Leon tersebut.
Meski event WRC Meksiko 2017 tetap bisa digelar, direktur reli Patrick Suberville mengakui adanya dampak negatif yang muncul dari kemenangan Trump di Amerika Serikat.
Podium juara WRC 2017 Reli Meksiko. (Foto-Red Bull)
"Kemenangan Trump membuat mata uang kami turun sebesar 40 persen dalam satu minggu," ucap Suberville kepada Motorsport.com. "Sebagian besar peralatan-peralatan yang kami gunakan di reli berasal dari AS, dan tiba-tiba harganya menjadi lebih mahal,” imbuhnya.

Lebih lanjut Patrick Suberville menjelaskan: "Event tahun ini sempat bermasalah karena tiga pekan sebelum digelar, kami kehilangan sponsor utama. Kami mendapatkan informasi hengkangnya Volkswagen (VW) saat kami justru sedang bersiap menandatangani kontrak baru dengan mereka. Pemerintah akhirnya membantu kami. Mereka melihat kami berada dalam masalah, jadi mereka membantu kami."
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9325 seconds (0.1#10.140)