Media Vietnam Cermati Kemungkinan Timnas Indonesia Keluar dari AFF

Kamis, 31 Agustus 2023 - 08:03 WIB
loading...
Media Vietnam Cermati Kemungkinan Timnas Indonesia Keluar dari AFF
Media Vietnam Cermati Kemungkinan Timnas Indonesia Keluar dari AFF
A A A
JAKARTA - Rumor terbaru mengenai kemungkinan Timnas Indonesia meninggalkan AFF (Federasi Sepak Bola Asia Tenggara) dan bergabung dengan EAFF (Federasi Sepak Bola Asia Timur) telah menarik perhatian publik Asia Tenggara. EAFF merupakan kelompok yang terdiri dari 10 anggota, termasuk tim-tim kuat seperti Jepang, Korea Selatan, dan China.

Rumor ini bermula dari kontroversi yang muncul dalam laga final Piala AFF U-23 2023 antara Timnas Indonesia U-23 dan Vietnam U-23. Keputusan wasit dalam pertandingan tersebut dianggap merugikan Timnas Indonesia U-23, terutama dalam beberapa momen yang melibatkan pelanggaran keras yang tidak diberikan hukuman, seperti pelanggaran yang dilakukan oleh bek Vietnam, Nguyen Hong Phuc, terhadap Haykal Alhafiz.



Rumor ini telah mencuatkan spekulasi mengenai potensi bergabungnya Timnas Indonesia ke EAFF. Salah satu media di Vietnam turut membahas hal ini, dan mereka menjelaskan bahwa rumor serupa telah muncul sebelumnya.

"Muncul keluhan di Asia Tenggara, apakah sepak bola Indonesia akan bergabung dengan wilayah Jepang dan Korea Selatan? Kembali muncul kemungkinan Indonesia keluar dari AFF," demikian pernyataan yang dimuat dalam Soha, pada Rabu (30/8/2023).

"Apabila PSSI (Federasi Sepak Bola Indonesia) benar-benar sedang mempertimbangkan untuk mundur dari turnamen di Asia Tenggara, kemungkinan bergabung dengan wilayah Asia Timur adalah langkah yang masuk akal. Ini bukan kali pertama rumor perihal perpindahan Indonesia antar wilayah muncul. Sebelumnya, setahun yang lalu, setelah Timnas Indonesia U-19 tersingkir dari babak grup Piala AFF U-19, ada rumor bahwa Indonesia berencana untuk keluar dari AFF dan beralih ke EAFF," tambahnya.

Namun, tentu saja, rumor ini tidak memiliki dasar yang kuat dan hanya memanfaatkan momen kegagalan Timnas Indonesia U-23 dalam Piala AFF U-23 2023. PSSI diharapkan dapat terus fokus pada pengembangan sepak bola Indonesia menuju prestasi yang lebih baik di masa mendatang.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0974 seconds (0.1#10.140)