Pendaftaran CPNS Dibuka Bulan Depan, Cermati Tahapan dan Persyaratan Berikut Ini

Kamis, 31 Agustus 2023 - 10:46 WIB
loading...
Pendaftaran CPNS Dibuka Bulan Depan, Cermati Tahapan dan Persyaratan Berikut Ini
Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 akan mulai dibuka mulai tanggal 17 September 2023 mendatang. Berikut tahapan dan persyaratan yang harus dilengkapi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Seleksi Calon Aparatur Sipil Negara (CASN) tahun 2023 akan mulai dibuka mulai tanggal 17 September 2023 mendatang. Ada beberapa tahap yang perlu dicermati sebelum mendaftarkan diri sebagai abdi negara.



Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Abdullah Azwar Anas mengimbau masyarakat yang berminat menjadi abdi negara agar menyiapkan diri serta memperhatikan syarat-syaratnya.

Sebelum mendaftar tentunya calon pelamar harus mencermati syarat pendaftaran Calon Pegawai Negeri Sipil ( CPNS ) dan Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) secara umum, misalnya terkait batas usia pelamar, jabatan, kualifikasi pendidikan, dan lain-lain.

“Calon pelamar harus mengetahui formasi jabatan yang akan dilamar secara spesifik. Apakah jabatan tersebut dibuka untuk menjadi CPNS atau PPPK,” ujar MenpanRB Anas dalam keterangan tertulisnya, Kamis (31/8/2023).



Anas menegaskan calon pelamar harus aktif mencari informasi di laman atau media sosial resmi instansi pemerintah terkait seleksi CASN. “Seperti tahun-tahun sebelumnya, seluruh syarat dan ketentuan akan diinformasikan secara terbuka,” sambungnya.

Dokumen-dokumen yang sekiranya dibutuhkan juga dapat dipersiapkan terlebih dahulu, seperti ijazah, transkrip nilai, KTP, akta kelahiran, daftar riwayat hidup, dan dokumen lain yang nantinya akan diumumkan dalam pengumuman.

“Setiap instansi punya persyaratan khusus masing-masing. Cermati dokumen yang dibutuhkan untuk melamar karena calon pelamar. Jangan sampai ini menjadi kendala saat melamar,” tegas Anas.

Berdasarkan Surat Kepala BKN No. 8229/B-KS.04.01/SD/K/2023 perihal Jadwal Pelaksanaan Seleksi CASN tahun 2023, pengumuman seleksi dilakukan oleh setiap instansi pemerintah pada 16-30 September 2023.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0989 seconds (0.1#10.140)