10 Cara Mengatasi Microsoft Excel Tidak Bisa Dibuka, Mudah Diikuti!

Kamis, 31 Agustus 2023 - 16:55 WIB
loading...
10 Cara Mengatasi Microsoft Excel Tidak Bisa Dibuka, Mudah Diikuti!
Cara mengatasi Microsoft Excel tidak bisa dibuka penting dipahami. Foto: Microsoft
A A A
JAKARTA - Microsoft Excel sering kali tidak bisa dibuka semenjak mendapatkan update keamanan. Adanya update keamanan tersebut menyebabkan adanya perubahan cara membuka beberapa jenis file tertentu di Excel.

Misalnya, cara untuk membuka file XLA atau HTML dengan ekstensi .xls berubah. Dulu, file bisa terbuka tanpa adanya protected view security dan Excel akan memberikan notifikasi peringatan tentang diskoneksi antara file dan konten.

Namun, setelah adanya update keamanan, Excel tidak bisa membuka file-file yang tidak cocok dengan fitur protected view excel dan hanya akan menampilkan layar kosong untuk file-file tersebut. Bahkan, Excel tidak lagi memberikan notifikasi peringatan untuk file yang gagal dibuka.

Berikut 10 Cara Mengatasi Microsoft Excel yang Tidak Bisa Dibuka

1. Membuka File dengan Aplikasi yang Tepat

Jika jenis file Anda tidak bisa didukung oleh Excel, Anda harus menyimpan file dengan ekstensi yang dapat dibuka oleh Excel. Anda juga bisa membuka file tersebut dengan aplikasi yang kompatibel untuk menghindari file tidak terbaca karena mengubah jenis file.

2. Periksa Lembar Tersembunyi

Jika Asecara tidak sengaja pernah menyimpan lembar Excel sebagai file tersembunyi dan anda ingin membuka file tersebut, Anda bisa ikuti 3 langkah berikut:

Langkah 1: Membuka file Excel baru.
Langkah 2: Beralih ke tab view dan pilih unhide.
Langkah 3: Di kotak pop-up, pilih target dan klik OK.

3. Menonaktifkan Akselerasi Grafik Perangkat Keras

Proses pemuatan Excel menjadi melambat bisa disebabkan karena adanya akselerasi grafik perangkat keras. Hal ini bisa menyebabkan Excel tidak bisa dibuka sama sekali. Untuk memperbaiki masalah tersebut, anda bisa ikuti 3 langkah berikut:

Membuka file Excel baru dan navigasikan ke File > Opsi > Advanced.
Di bawah tab Display, anda centang kotak ”Disable hardware graphics acceleration”.
Lalu klik OK untuk menyimpan perubahan.

4. Menonaktifkan Add-in

Add-in Excel dan Add-in COM mengakibatkan Excel tidak dapat terbuka. Oleh karena itu, menonaktifkan add-in bisa menjadi cara untuk memperbaiki masalah ini. Anda bisa ikuti 3 cara berikut:

Meluncurkan file Excel baru dan memindahkan ke File > Opsi > Add-in.

Lalu klik untuk menampilkan menu drop-down Manage di tab Add-in dan pilih COM Add-in dan klik Go.

Kemudian, di kotak pop-up anda bisa menghapus centang salah satu add-in yang dicentang dalam daftar dan klik OK.

5. Memperbaiki Virtualisasi Pengalaman Pengguna (UE-V)


Jika Excel anda tidak terbuka karena anda menjalankan UE-V, anda cukup instal Hotfix 2927019. Anda bisa memeriksa di daftar Programs dan Features di Windows Control Panel, untuk memastikan apakah anda menjalankan UE-V atau tidak.

6. Memperbaiki Microsoft Office


Memperbaiki Microsoft Office bisa mengatasi Microsoft Excel yang tidak bisa dibuka, dengan cara sebagai berikut:

Pada Control Panel di bawah program, anda klik Uninstall Program. Lalu, di jendela berikutnya anda klik kanan pada Microsoft Office dan pilih Change.

Kemudian, pada jendela pop-up, pilih Online Repair dan klik tombol Repair. Selanjutnya, anda harus menunggu sampai proses perbaikan selesai lalu restart PC anda.

7. Mereset Asosiasi File Excel

Mereset asosiasi file Excel ke pengaturan default juga bisa menjadi solusi untuk Microsoft Excel yang tidak bisa terbuka, anda bisa meresetnya dengan cara sebagai berikut:
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)