20 Agensi K-Pop Terbesar di Korea, Idolamu Nugu atau Tidak?

Kamis, 31 Agustus 2023 - 18:33 WIB
loading...
20 Agensi K-Pop Terbesar di Korea, Idolamu Nugu atau Tidak?
Ada 20 agensi K-pop yang bisa dibilang terbesar di Korea Selatan, dipimpin oleh Big 4, yaitu HYBE, JYP, SM, dan YG. Foto/via Allkpop
A A A
JAKARTA - Perusahaan atau agensi penghasil grup K-pop sangat banyak, tapi hanya beberapa yang tergolong besar atau masuk kategori kelas menengah dengan artis yang dikenal publik secara luas.

Dalam industri K-pop perusahaan agensi memang berperan besar dalam kesuksesan sebuah grup, terutama yang baru akan debut. Mereka yang debut dari agensi K-pop besar akan mendapat keistimewaan dibanding grup dari agensi kecil alias grup nugu.

Keistimewaan tersebut datang dari promosi yang lebih besar, pemberitaan dari media massa yang lebih banyak, serta perhatian penggemar K-pop yang lebih luas. Bahkan grup dari SM Entertainment yang baru akan resmi debut pada 4 September, yaitu RIIZE, sudah mendapatkan tawaran menjadi model iklan produk perawatan kulit di Korea.



Seiring dengan perkembangan K-pop yang sudah masuk ke Amerika Serikat, pasar musik terbesar di dunia, para artis dari agensi besar pun semakin berpeluang masuk ke pasar tersebut. Misalnya dengan menggelar konser di banyak tempat di Amerika serta berkolaborasi dengan artis populer di negara itu.

Berikut ini 20 agensi K-pop terbesar di Korea, yang juga masuk ke pasar saham Korean Securities Dealers Automated Quotations (KOSDAQ) dan Korea Composite Stock Price Index (KOSPI), mengutip Kpoppost. KOSDAQ adalah pasar saham untuk perusahaan kecil dan menengah, termasuk perusahaan rintisan (start-up), sedangkan KOSPI untuk perusahaan-perusahaan global/raksasa.

1. HYBE

Cikal bakal HYBE adalah Big Hit Entertainment yang didirikan pada 2005 oleh Bang Si-hyuk. Setelah BTS sukses secara global, agensi ini berganti nama menjadi HYBE pada 2021. Agensi ini juga berubah menjadi perusahaan multilabel yang menaungi enam agensi, yaitu BigHit Music, Source Music, Pledis Entertainment, Belift Lab, KOZ Entertainment, dan ADOR.

Beberapa artis HYBE yang populer adalah BTS, NewJeans, SEVENTEEN, TXT, LE SSERAFIM, ENHYPEN, dan aktor/penyanyi Hwang Min-hyun. HYBE jadi satu-satunya perusahaan K-pop yang masuk dalam bursa KOSPI.

20 Agensi K-Pop Terbesar di Korea, Idolamu Nugu atau Tidak?

BTS. Foto: BigHit Music

2. JYP Entertainment

Agensi K-pop ini berdiri pada 1997 di bawah pimpinan salah satu ikon K-pop Park Jin-young alias J.Y Park. Ciri khasnya saat itu adalah musik dengan sentuhan RnB yang kuat. Beberapa artisnya yang populer adalah Wonder Girls, Miss A, 2PM, TWICE, Stray Kids, ITZY, NMIXX, JJ Project, dan NiziU.

3. SM Entertainment

Didirikan pada 1995 oleh Lee Soo-man, SM Entertainment melahirkan banyak grup legendaris pada masa kejayaannya. Mereka di antaranya Super Junior, TVXQ, BoA, Girls' Generation, SHINee, f(x), Red Velvet, EXO, NCT, dan aespa. Agensi ini juga segera mendebutkan boy group RIIZE.

4. YG Entertainment

YG Entertainment menyusul SM, didirikan pada 1996 oleh Yang Hyun-suk dan adiknya, Yang Min-suk. Agensi ini terkenal memadukan hip hop dengan fashion dan gaya yang edgy. Beberapa artis terpopuler YG Entertainment adalah BIGBANG, 2NE1, BLACKPINK, AKMU, iKON, dan Treasure. Mereka juga akan segera mendebutkan girl group Baby Monster.

5. Cube Entertainment

Agensi ini dibangun pada 2006 oleh Hong Seung-sung, mantan Presiden JYP Entertainment. Artis terpopuler mereka adalah (G)I-DLE, BtoB, 4Minute, CLC, Lightsum, Pentagon, dan CLC.


20 Agensi K-Pop Terbesar di Korea, Idolamu Nugu atau Tidak?

(G)I-DLE. Foto: Cube Entertainment

6. Stone Music Entertainment

Agensi K-pop ini didirikan pada 1994 di bawah CJ ENM, salah satu perusahaan hiburan terbesar di Korea Selatan. Artis yang populer dari agensi ini adalah IZ*ONE, Wanna One, IN2IT, dan Heize.

7. FNC Entertainment

Agensi ini berdiri pada 2006 hasil bentukan penyanyi dan produser Han Seong-ho. Beberapa artis yang terkenal dari agensi ini ada CNBLUE, FT Island, N.Flying, AOA, InnoVator, SF9, dan Cherry Bullet.

8. Starship Entertainment

Agensi ini didirikan pada 2008, dan menjadi label independen di bawah perusahaan raksasa Kakao Entertainment pada 2013. Artis mereka yang populer adalah IVE, MONSTA X, Cosmic Girls (WJSN), Soyou, dan Cravity.

9. Woollim Entertainment

Agensi K-pop ini dibangun pada 2003 oleh Lee Jung-yeop, lalu pada 2013 diambil alih oleh SM Entertainment lewat SM C&C. Namun pada 2016, label ini kembali memisahkan diri. Beberapa grup serta soloisnya yang populer adalah INFINITE, Golden Child, Rocket Punch, Drippin, dan Kwon Eun-bi.


20 Agensi K-Pop Terbesar di Korea, Idolamu Nugu atau Tidak?

INFINITE. Foto:Woollim Entertainment

10. Pledis Entertainment

Pledis Entertainment memang sudah bergabung dalam HYBE, tapi tetap berjalan secara independen. Agensi ini berdiri pada 2007 di bawah pimpinan Han Sung-soo. SEVENTEEN, Fromis 9, Hwang Min-hyun, dan Baekho tergabung dalam label ini.

11. DSP Media

Agensi ini didirikan pada 1991 oleh Lee Ho-yeon, dan kini menjadi bagian dari RBW. Artisnya yang populer adalah KARD, Rainbow, April, Oh Jong-hyuk, Mirae, dan Heo Young-ji.

12. Fantagio Music

Label ini berdiri pada 2008 dengan nama N.O.A. Entertainment, lalu berubah menjadi Fantagio pada 2011. ASTRO, Weki Meki, Hello Venus, dan 5urpise adalah grup yang ada di bawah asuhan mereka.

13. KQ Entertainment

Label ini didirikan pada 2016 oleh Kim Gyu-uk, dan pada 2017 mendapatkan investasi dari Sony Music Entertainment Korea. Artis yang bernaung di bawah label ini adalah ATEEZ, Heo Young-saeng, dan Block B.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2741 seconds (0.1#10.140)