Kepala Korsabhara Baharkam Polri dari Masa ke Masa, Nomor 1 Jenderal Polisi Rendah Hati

Sabtu, 02 September 2023 - 06:00 WIB
loading...
Kepala Korsabhara Baharkam Polri dari Masa ke Masa, Nomor 1 Jenderal Polisi Rendah Hati
Kabaharkam Polri Komjen Agus Andrianto memimpin upacara sertijab 5 Pejabat Utama jajaran Baharkam di Gedung Baharkam Polri, Kompleks Mabes Polri, Jakarta pada Rabu, 6 Januari 2021. Salah satunya Kepala Korsabahara Baharkam Polri. FOTO/DOK.POLRI
A A A
JAKARTA - Deretan Kepala Korsabhara Baharkam Polri dari masa ke masa menarik untuk diketahui. Mereka adalah jenderal polisi bintang 2 yang berasal dari beragam latar belakang bidang kepolisian.

Korsabhara Baharkam merupakan singkatan dari Korps Samapta Bhayangkara Badan Pemelihara Keamanan. Satuan Polri ini senantiasa siap siaga menghindari dan mencegah terjadinya gangguan Kamtibmas dalam upaya mewujudkan keamanan dan ketertiban.

Mengutip situs resmi Polri, fungsi Sabhara meliputi pengaturan, penjagaan, pengawalan, patroli, pengamanan terhadap hak penyampaian pendapat; pembinaan polisi pariwisata; pembinaan badan usaha jasa pengamanan; SAR terbatas; dan tindakan pertama di tempat kejadian perkara (TPTKP). Kemudian penegakan Perda; pengendalian massa (Dalmas); negosiasi; pengamanan objek vital; pemberian bantuan satwa untuk kepentingan perlindungan (K-9), serta pengayoman, pelayanan, pertolongan, dan penertiban masyarakat.



Berdasarkan sejarah, Kepala Korsabhara Baharkam Polri merupakan jabatan baru yang muncul sejak 2017. Hingga saat ini setidaknya terdapat enam jenderal polisi bintang 2 yang pernah menjabat sebagai Kepala Korsabhara Baharkam Polri. Masing-masing memiliki bidang pengalaman berbeda-beda, dari mulai lantas, reserse, hingga Brimob. Siapa saja mereka?

Berikut ini deretan Kepala Korsabhara Baharkam Polri dari masa ke masa:

1. Irjen Pol (Purn) Drs Umar Septono, SH, MH

Kepala Korsabhara Baharkam Polri dari Masa ke Masa, Nomor 1 Jenderal Polisi Rendah Hati

FOTO/INSTAGRAM/EMPATLAWANGTERKINI

Kepala Korsabahara Baharkam Polri yang pertama adalah Irjen Pol (Purn) Umar Septono. Lulusan Akabri bagian Kepolisian 1985 ini menduduki jabatan tersebut kurang dari setahun, 3 Februari hingga 16 November 2017.

Umar Septono dikenal sebagai sosok jenderal polisi yang rajin ibadah, sederhana, dan rendah hati. Akun Instagram Divisi Humas Polri pernah mengunggah peristiwa yang menunjukkan sikap rendah hati Umar Septono saat menjabat sebagai Kepala Korsabhara Baharkam Polri pada 7 Juli 2017. Umar mendatangi rumah warga yang menabrak mobil dinasnya saat memantau arus mudik Lebaran.

Peristiwa itu bermula ketika mobil dinas yang ditumpangi Umar Septono beriringan dengan mobil dinas Asop Kapolri Irjen Pol Unggung Cahyono pada 21 Juni 2017. Saat melintas di Tol Cipali KM 120, iring-iringan mobil jenderal polisi yang dikawal PJR itu berhenti mendadak. Di belakangnya mobil Xenia bernopol 1899 EOJ yang dikemudikan Manijan tak mampu berhenti dan menabrak mobil dinas Umar. Manijan merupakan sopir yang disewa Suyatim untuk pulang kampung.

Umar kemudian memerintahkan kepada ajudannya untuk memeriksa mobil yang menabrak mobil dinasnya, apakah masih bisa berjalan atau tidak. Setelah dipastikan bisa, Umar mempersilakan penabrak melanjutkan perjalanan.

Setelah berselang lama, Umar Septono malah berkunjung ke rumah Suyatim untuk memastikan kondisi kesehatannya, apakah mengalami cedera atau tidak.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4162 seconds (0.1#10.140)