Curhat ke Media Jepang, Zahra Muzdalifah: Tidak Ada Liga Sepak Bola Wanita di Indonesia

Senin, 04 September 2023 - 09:04 WIB
loading...
Curhat ke Media Jepang, Zahra Muzdalifah: Tidak Ada Liga Sepak Bola Wanita di Indonesia
Zahra Muzdalifah: Tidak Ada Liga Sepak Bola Wanita di Indonesia
A A A
OSAKA - Pemain abroad Indonesia, Zahra Muzdalifah , menceritakan alasan berkarier di luar negeri. Dara cantik berusia 22 tahun itu menyebut tidak ada liga sepak bola wanita di Indonesia.

Pencinta sepak bola Tanah Air tentu tidak asing dengan sosok Zahra Muzdalifah. Dia merupakan pemain Timnas Putri Indonesia yang tengah merintis karier di klub luar negeri.

Saat ini, Zahra tengah memperkuat klub asal Jepang, Cerezo Osaka Yanmar Ladies. Klub tersebut berlaga di kasta tertinggi sepak bola wanita Jepang bernama Japan Women’s Empowerment Professional Football League (WE LEAGUE).

Baca Juga: Bintang Timnas Putri Kecewa Indonesia Batal Jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20

Zahra sebenarnya telah menjalani trial di Cerezo Osaka Yanmar Ladies pada Februari lalu. Pada akhirnya, perjuangannya membuahkan hasil positif karena dia mendapatkan kontrak profesional dari klub asal Jepang tersebut. Pemain berusia 22 tahun itu tidak menyia-nyiakan kesempatan emasnya itu.
Curhat ke Media Jepang, Zahra Muzdalifah: Tidak Ada Liga Sepak Bola Wanita di Indonesia

Terbaru, Zahra mengungkapkan alasan di balik keputusannya berkarier ke luar negeri kepada salah satu media Jepang. Ketiadaan liga sepak bola wanita di Indonesia menjadi alasan utama sang pemain memilih abroad.

“Tidak ada liga sepak bola wanita di negara saya. Bagaimana saya bisa meningkatkan keterampilan saya tanpa liga?” ujar Zahra dikutip dari kanal Youtube WE League, Minggu (3/9/2023).

“Tidak ada kompetisi. (Kami) hanya berlatih dengan pemain pria. Itu sebabnya saya ingin pergi ke luar negeri,” sambungnya kemudian.

Lebih lanjut, Zahra berharap keberaniannya berkarier di luar negeri dapat ditiru oleh pesepak bola wanita Indonesia lain. Dengan demikian, sepak bola wanita Indonesia dapat menjadi semakin maju di masa depan.

Sebagai informasi, Liga 1 Putri sudah empat tahun vakum. Terakhir kali kompetisi itu digelar adalah pada tahun 2019. Saat itu, Persib keluar sebagai juara turnamen tersebut. Hingga kini, Liga 1 Putri belum kunjung digelar lagi.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1923 seconds (0.1#10.140)