JK Apresiasi Persiapan Palembang Gelar Asian Games 2018

Senin, 10 April 2017 - 10:42 WIB
JK Apresiasi Persiapan Palembang Gelar Asian Games 2018
JK Apresiasi Persiapan Palembang Gelar Asian Games 2018
A A A
PALEMBANG - Wakil Presiden RI Jusuf Kalla mengapresiasi kesiapan Palembang menjadi salah satu tuan rumah Asian Games 2018 disamping Jakarta. JK pun berjanji pemerintah akan segera memberikan kekurangan dana yang dibutuhkan untuk pembangunan Jakabaring Sport City (JSC).

"Saya melihat kemajuan secara langsung di Palembang, dan saya mengapresiasi apa yang sudah dilakukan hingga saat ini. Semuanya memang sedang dalam proses, termasuk administrasi anggaran di Kemenkeu, dan semua akan selesai akhir tahun ini," ujar Wapres akhir pekan lalu.

Dalam kunjungan itu, JK didampingi sejumlah menteri, di antaranya Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi, Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Tono Suratman, Presiden Indonesia Asian Games Organizing Committee (Inasgoc) Erick Thohir, serta Gubernur Sumsel Alex Noerdin.

Wapres juga terkesan dengan kemajuan pembangunan sejumlah venue seperti menembak, dayung, kano, serta triatlon. "Saya mengapresiasi pemerintah daerah, termasuk kontraktor yang telah bekerja. Yang paling penting sepuluh dari sebelas fasilitas diharapkan bisa rampung akhir tahun ini," ungkap dia.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin sendiri mengatakan tidak ada kendala berarti dalam proses pembangunan JSC. Soal bantuan yang sangat dinantikan Pemprov Sumsel. "Intinya kami tidak memiliki masalah dalam pembangunan, kecuali pendanaan karena kami masih menunggu bantuan dan dukungan pemerintah melalui Kemenpora Rp85 miliar dan Inasgoc Rp75 miliar,"ujar Alex.

Sementara itu, Ketua Inasgoc Erick Thohir menambahkan, pendanaan Asian Games 2018 tidak hanya datang dari pemerintah, tetapi juga dari kalangan swasta. "Ada sejumlah venue yang melibatkan swasta. Misalnya PT Bukit Asam atau APP Pulp dalam membangun venue . Hal itu akan lebih digencarkan. Tak hanya untuk Palembang, tapi juga Jakarta," tutur Erick.

Secara keseluruhan, progres fisik venue di Palembang yang akan memanggungkan 10 cabang olahraga, cukup signifikan. Venue menembak misalnya, dari rencana 22,81% sudah mencapai 24,25% pembangunan fisiknya. Venue dayung sudah 11,51% (rencana 11,4%), convention hall untuk arena tenis dan soft tenis sudah 25% (25%), serta boling sudah 55,58% (54,43%). Adapun jalur light rail transit (LRT) yang menghubungkan Bandara Palembang dan JSC dari rencana 34,45% sudah diselesaikan 39,71%.

Proyek LRT Palembang tersebut ditargetkan rampung pada awal Februari 2018. Dalam APBN 2017, pemerintah telah mengalokasikan anggaran Rp500 miliar untuk pelaksanaan event empat tahunan itu. (Ichsan Amin)
(bbk)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 2.0186 seconds (0.1#10.140)