10 Fobia Aneh di Dunia, dari Takut Susu hingga Surga

Jum'at, 08 September 2023 - 02:09 WIB
loading...
10 Fobia Aneh di Dunia, dari Takut Susu hingga Surga
Nomofobia merupakan fobia di mana orang takut tidak memiliki ponsel. Foto/Wonder List
A A A
WASHINGTON - Semua orang takut terhadap sesuatu hal dan itu adalah hal yang normal. Ketakutan menghalangi orang mencapai sesuatu dalam hidup.

Namun, keadaan menjadi sulit ketika ketakutan ini berubah menjadi fobia . Cara fobia mengendalikan tubuh dan pikiran orang dapat menyulitkan orang untuk menghadapi objek atau hal yang sebenarnya bukan ancaman.

Seringkali fobia muncul secara acak dan tidak memiliki makna mendasar. Namun, sebagian besar berkembang karena trauma yang tidak diketahui atau diketahui.

Berikut adalah 10 fobia paling aneh di dunia.

1. Xanthofobia

10 Fobia Aneh di Dunia, dari Takut Susu hingga Surga

Foto/Wonder List

Melansir Wonder List, ketakutan terhadap suatu warna, terutama kuning, tentu terkesan aneh. Namun, faktanya Xanthophobia berkembang karena keterikatan warna kuning pada pengalaman yang mengganggu.

Misalnya, di China, orang-orang mulai takut dengan warna kuning karena warna tersebut merupakan warna syal kekaisaran yang menandakan perintah untuk bunuh diri. Karena hubungan ini, orang mulai takut terhadap benda apa pun yang berwarna kuning meskipun tidak ada hubungannya dengan tatanan tersebut.

Jika seseorang menderita xanthophobia, mereka akan menutup mata dengan cemas atau bahkan mengalami serangan panik jika melihat sesuatu yang tidak berbahaya seperti bunga bakung. Orang-orang seperti itu juga sulit makan limun, keju, pisang, dan telur.


2. Hylofobia

10 Fobia Aneh di Dunia, dari Takut Susu hingga Surga

Foto/Wonder List

Berasal dari kata Yunani Hylo, yang berarti hutan, dan fobia, yang berarti ketakutan, hylophobia mungkin merupakan fobia yang paling mudah dipahami dalam daftar ini, karena hutan selalu digambarkan dalam serial dan film sebagai tempat yang sepi dan menakutkan.

Namun, ada perbedaan antara fobia dan rasa takut ditinggal sendirian di hutan. Orang yang menderita hylophobia menjadi sangat cemas dan menunjukkan gejala lain seperti mual, mulut kering, keringat berlebih, gemetar, dan sebagainya.

3. Turofobia

10 Fobia Aneh di Dunia, dari Takut Susu hingga Surga

Foto/Wonder List

Dapatkah orang membayangkan ada fobia yang timbul karena rasa takut terhadap produk susu? Katie Weston adalah salah satu orang yang menderita fobia keju setelah semasa kecil ia pernah terkena benang keju yang membuatnya muntah di tempat sampah temannya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1149 seconds (0.1#10.140)