Lomba Maraton di Kompleks Candi Prambanan, Menjanjikan Keseruan

Kamis, 13 April 2017 - 00:30 WIB
Lomba Maraton di Kompleks Candi Prambanan, Menjanjikan Keseruan
Lomba Maraton di Kompleks Candi Prambanan, Menjanjikan Keseruan
A A A
YOGYAKARTA - Lomba lari maraton bertaraf internasional dihelat di Daerah Istimewa Yogyakarta, Minggu (23/4/2017). Menariknya, Kompleks area Candi Prambanan akan menjadi venue start dan finis dengan rute yang beragam

Sebanyak 6.210 pelari akan ambil bagian dan tersebar pada empat kategori lomba, yakni full marathon yang menempuh jarak 42,2 kilometer. Kemudian, half marathon dengan jarak tempuh 21,1 km, serta dua kategori dengan jarak 10 km dan 5 km.

Kepala Dinas Pariwisata DIY Aris Riyanta mengatakan khusus full marathon, pelari melintasi 13 desa di Yogyakarta dan sebagian Jawa Tengah. Mereka melintasi tiga daerah tujuan wisata, yakni Candi Prambanan, Candi Plaosan (Prambanan, Klaten) dan Monumen Taruna.

"Ini baru pertama digelar dan akan masuk kalender tahunan ajang maraton internasional karena peserta tak hanya pelari dan atlet nasional, tapi juga dari luar negeri," katanya dalam keterangan pers, Rabu (12/4/2017).

Beberapa pelari internasional seperti dari Kenya, Nigeria, dan negara Afika bakal meramaikan event ini. Selain itu ada juga beberapa pelari internasional dari Malaysia, Singapura, Thailand, dan Amerika.

Begitu juga dengan atlet lari nasional, Agus Prayogo juga bakal meramaikan lomba lari ini. Lomba lari ini diklaim mampu meningkatkan kunjungan wisata di Yogyakarta.

"Kami sangat mendukung event sport dan tourism di kawasan heritage ini. Event ini jelas bisa mendongkrak kunjungan wisata," jelasnya.

Aris menambahkan, rute tak hanya di sekitar area candi, tapi juga keluar area candi dengan beragam jalan yang menyusuri pedesaan. Dia berharap agar pelari yang mengikuti event ini bisa merasakan kesejukan jalan yang dilaluinya.

Rudi As Aturrida, Ketua Penyelengara dari salah satu Bank BUMN mengatakan total hadiah yang diberikan senilai Rp783 juta dan mendapat hadiah dari sponsor. Rudi menyebut untuk full marathon akan mendapat hadiah masing-masing uang Rp 50 juta untuk pelari laki-laki dan perempuan untuk juara pertama.

Juara kedua masing-masing mendapat Rp 25 juta dan juara ketiga memperoleh Rp 15 juta. Sementara juara pertama untuk kategori 21,1 km memperoleh Rp 25 juta, kemudian juara kedua masing-masing Rp 15 juta, dan juara tiga sebesar Rp 10 juta.
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.0534 seconds (0.1#10.140)