Alasan Marc Marquez Beri Jalan untuk Adiknya di Sprint MotoGP San Marino 2023

Minggu, 10 September 2023 - 18:01 WIB
loading...
Alasan Marc Marquez Beri Jalan untuk Adiknya di Sprint MotoGP San Marino 2023
Marc Marquez membeberkan alasannya mengapa ia memberikan jalan kepada Alex Marquez saat menjalani sprint MotoGP San Marino 2023, Sabtu (9/9/2023) malam WIB / Foto: Twitter Repsol Honda Team (@HRC_MotoGP)
A A A
MISANO - Marc Marquez membeberkan alasannya mengapa ia memberikan jalan kepada Alex Marquez saat menjalani sprint MotoGP San Marino 2023, Sabtu (9/9/2023) malam WIB. Pembalap tim Repsol Honda itu menuturkan motor RC213V-nya memang tak punya kecepatan untuk bisa bersaing dengan para pembalap yang ada di barisan depan.

Alhasil, Marquez sengaja memberikan jalan untuk adiknya menyalipnya agar bisa melakukan towing padanya. Dalam MotoGP, towing merupakan perilaku seorang pembalap saat membuntuti pembalap lainnya guna mendapatkan keuntungan slipstream.

"Dalam sprint saya tidak memiliki kecepatan untuk mengikuti orang-orang teratas di beberapa lap pertama. Kemudian saudara laki-laki saya, Alex menyusul saya dan saya melihat bahwa bukan hanya dia saja, tapi pengemudi lain juga," kata Marquez dilansir dari Speedweek.



"Saya tahu dari sesi latihan bahwa dia memiliki kecepatan yang lebih baik. Jadi saya membiarkannya lewat dan kemudian menggunakannya untuk membuka celah antara saya dan pembalap lain," tambahnya.

Marquez menyebut hal itu dilakukan sebagai bagian dari cara cerdiknya untuk bisa finis di papan tengah. Sebab jika tidak melakukan towing, dia akan kesulitan untuk menjauh dari kejaran para pembalap lainnya yang berada di belakangnya.

"Saya harus pintar. Jadi hari ini saya menggunakan slipstream dari setiap pembalap yang lebih cepat yang menyalip saya untuk unggul dari yang lain. Saya tidak terlibat dalam duel apa pun," jelas pembalap berusia 30 tahun itu.



"Di awal balapan misalnya ada duel antara Binder, Vinales, Quartararo, tapi saya tidak terlibat di dalamnya. Saya hanya mencoba menemukan kecepatan saya karena saya tahu saya tidak memiliki kecepatan untuk melawan mereka. Saya hanya harus menggunakannya untuk melarikan diri dari yang lain dan menjadi lebih santai pada akhirnya," pungkasnya.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2430 seconds (0.1#10.140)