Vettel: Sangat Penting Bagi Kami Sedikit Mengganggu Mereka

Senin, 17 April 2017 - 14:00 WIB
Vettel: Sangat Penting Bagi Kami Sedikit Mengganggu Mereka
Vettel: Sangat Penting Bagi Kami Sedikit Mengganggu Mereka
A A A
SAKHIR - Sebastian Vettel kembali ke jalur juara. Usai takluk dari Lewis Hamilton di F1 GP China. Vettel dan Ferrari meraih kemengan pada seri ketiga musim ini, F1 GP Bahrain 2017, di Sirkuit Sakhir, Minggu (16/4) tengah malam WIB.

Ya, Sebastian Vettel meraih kemenangan kedua pada musim ini di GP Bahrain. Dia berhasil mengambil posisi kedua dari Hamilton pada tikungan pertama selepas start. Kemudian mengambil alih pimpinan balapan, dengan menjadi pembalap pertama dari barisan terdepan yang melakukan pitstop.
Sebastian Vettel (tengah-Ferrari) di apit duo Mercedes pada lomba F1 GP Bahrain 2017. (Foto-skysports)
Vettel kemudian harus bertahan dari kejaran Hamilton pada paruh akhir balapan. Hamilton memangkas jarak 20 detik, setelah melakukan pitstop terakhir, tapi dia mesti menjalani hukuman penalti 5 detik, akibat menahan laju Ricciardo saat menuju pit pada periode safety car.

“Sangat penting bagi kami untuk berada diantara mereka, kemudian mencegah mereka berada di depan dan memperlebar jarak dengan kami – sedikit menggangu mereka,” ujar Vettel yang kini memimpin klasemen sementara pembalap F1 2017 dengan nilai 68 seperti dilaporkan Motorsport.

“Kami menjalani start yang kurang lebih sama dan Hamilton tertahan oleh Bottas, jadi saya mengambil resiko dengan mengerem lebih lambat dan berhasil melewatinya (pada sisi luar tikungan pertama). Setelah beberapa putaran, saya berada tepat di belakang Bottas pada stint pertama dan tidak berada terlalu jauh darinya. Tentu start dan laju yang bagus - menjadi kunci untuk meraih kemenangan ini,” imbuhnya.
Sebastian Vettel (Ferrari) saat melintasi garis finis lomba F1 GP Bahrain 2017. (Foto-Motorsport)
Pembalap asal Jerman itu lebih jauh menjelaskan drama lomba F1 GP Bahrain 2017: “Pada stint terakhir kami memiliki jarak yang cukup jauh, ditambah dengan hukuman penalti 5 detik yang Hamilton terima. Saya mencoba untuk mengontrol jaraknya – ia sangat cepat setelah pitstop terakhirnya. Saya tidak mengira jika ia secepat itu. Ia (Hamilton) terus mendekat, saat saya mendapati traffic dan harus kehilangan banyak waktu. Namun ia juga mengalami hal yang serupa dengan saya.”
Sebastian Vettel (Ferrari) merayakan kemenangannya dalam lomba F1 GP Bahrain 2017. (Foto-autosport)
Vettel mengakui setelah kualifikasi, jika jarak dengan pembalap Mercedes membuatnya merasa “tidak percaya diri”. Namun ia merasa senang dengan mobilnya dan setelah meraih kemenangan, ia menduga pengendalian yang bagus dari mobil Ferrari SF70H ikut andil dalam performa baiknya pada balapan ini.
Sebastian Vettel (Ferrari) merayakan kemenangan di podium juara F1 GP Bahrain 2017. (Foto-dailymail.co.uk)
“Dari kemarin hingga balapan ini anda tidak bisa mengubah apapun di mobil, namun dari Jumat ke Sabtu kami melakukan sedikit perubahan. Saya memiliki firasat yang bagus kemarin, jadi saya agak terkejut dengan seberapa besar jarak yang ada,” ulas Vettel.

“Saya merasa baik karena Jumat dalam kondisi yang sedikit berbeda (ketika tampil tercepat pada kedua sesi latihan), kami memperbaikinya untuk Sabtu, dan berpikir akan tetap seperti itu. Tim telah melakukan pekerjaan yang benar-benar hebat, namun kami harus tetap berusaha keras dan menikmatinya. Seluruh orang di pabrik bersemangat – berharap kesuksesan dalam beberapa balapan terakhir membantu mereka,” tutup pembalap 29 tahun tersebut.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4725 seconds (0.1#10.140)