Buntut Cium Pemain Timnas Putri, Luis Rubiales Mundur dari Presiden RFEF dan Wakil Presiden UEFA

Senin, 11 September 2023 - 17:07 WIB
loading...
Buntut Cium Pemain Timnas Putri, Luis Rubiales Mundur dari Presiden RFEF dan Wakil Presiden UEFA
Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales mengundurkan diri dari jabatannya pada Minggu (10/9/2023) / Foto: India Today
A A A
Presiden Federasi Sepak Bola Spanyol (RFEF) Luis Rubiales mengundurkan diri dari jabatannya pada Minggu (10/9/2023). Keputusan ini diambil setelah skandal ciuman dengan pemain tim nasional wanita saat merayakan kemenangan Piala Dunia membuat heboh dunia.

Ciumannya terhadap Jenni Hermoso setelah kemenangan Piala Dunia di Sydney pada 20 Agustus 2023, telah menyebabkan kemarahan di kalangan pemain, pejabat pemerintah, dan banyak masyarakat Spanyol secara luas. Selain itu juga menimbulkan pertanyaan mengenai seksisme dalam olahraga.

Seorang jaksa penuntut Spanyol mengajukan pengaduan ke Pengadilan Tinggi terhadap Rubiales pada akhir pekan lalu atas tuduhan penyerangan seksual dan pemaksaan. Keluhan itu muncul setelah Hermoso memilih pada awal pekan ini untuk mengajukan tuntutan pidana atas insiden tersebut.



Jaksa tersebut menggambarkan bagaimana Rubiales mencium mulut Hermoso tanpa persetujuannya sambil memegang kepalanya dengan kedua tangan setelah Spanyol mengalahkan Inggris untuk merebut Piala Dunia. Rubiales mengatakan ciuman itu terjadi secara timbal balik dan atas dasar suka sama suka, dan hingga hari Minggu ia menolak seruan dari para pemain, pejabat pemerintah, dan pihak lain agar dia mengundurkan diri.

Rubiales juga telah diskors selama tiga bulan dari semua aktivitas sepak bola oleh FIFA sambil menunggu penyelidikan badan sepak bola dunia tersebut atas tindakannya.

Dengan adanya gelombang protes dari berbagai pihak, Rubiales mengumumkan pengunduran dirinya dalam sebuah pernyataan dan mengatakan posisinya menjadi tidak dapat dipertahankan. RFEF kemudian mengonfirmasi bahwa ia telah mengirimkan surat pengunduran diri kepada penjabat presiden Pedro Rocha.



"Setelah skorsing cepat yang dilakukan FIFA, ditambah sisa proses yang dibuka terhadap saya, jelas saya tidak akan bisa kembali ke posisi saya. Bersikeras untuk menunggu dan berpegang teguh... tidak akan memberikan kontribusi positif, baik bagi Federasi maupun sepak bola Spanyol. Antara lain, karena ada kekuatan de facto yang akan mencegah saya kembali," jelasnya dikutip dari Reuters, Senin (11/9/2023).

Rubiales tak hanya mundur sebagai presiden RFEF saja. Dia juga memutuskan mengundurkan diri sebagai wakil presiden badan sepak bola Eropa UEFA. Dia memposting pernyataannya di X, platform media sosial yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2900 seconds (0.1#10.140)