IATA Optimistis Harga Batu Bara Membaik hingga Akhir Tahun 2023

Senin, 11 September 2023 - 16:43 WIB
loading...
IATA Optimistis Harga Batu Bara Membaik hingga Akhir Tahun 2023
PT MNC Energy Investments Tbk (IATA) optimistis harga batu bara membaik hingga akhir tahun 2023. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT MNC Energy Investments Tbk ( IATA ) optimistis harga batu bara membaik hingga akhir tahun 2023. Oleh karena itu, IATA membidik produksi batu bara sebesar 7 juta metrik ton (MT) pada 2024.



Presiden Direktur IATA Suryo Eko Hadianto menilai, fluktuasi harga batu bara saat ini merupakan hal yang wajar. Pihaknya optimis, harga si emas hitam bakal terdongkrak tahun depan, bahkan lebih awal.

"Kami punya prediksi akhir tahun ini harganya akan membaik, angkanya seperti apa mungkin akan terkoreksi sedikit karena ada isu lingkungan dan sebagainya," kata Suryo.



IATA pun fokus untuk mendorong efisiensi pertambangan demi memangkas sejumlah beban produksi. IATA berencana membangun conveyor untuk memindahkan batu bara ke tongkang agar lebih efisien, murah, dan tepat waktu.

Conveyor didesain memiliki kapasitas 1.000 ton per jam. Dengan adanya sistem ini, waktu pengisian batu bara (loading time) ke tongkang hanya berkisar selama 10 jam, dari 24 jam jika memakai mekanisme pengangkutan dengan truk. Selebihnya, hal ini juga akan memangkas biaya. operator.

Akhir tahun 2023, IATA juga berniat untuk membuka 1 tambang berstatus izin usaha pertambangan (IUP), yang diharapkan dapat memacu produksi batu bara.

"Conveyor ini akan mengurangi penggunaan truk yang beroperasi di pelabuhan. Kita tahu truk masih berbahan bakar minyak, yang tentu harga BBM juga fluktuatif," paparnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1316 seconds (0.1#10.140)