Doa agar Menstruasi Lancar Bersumber dari Al Qur'an

Selasa, 12 September 2023 - 10:27 WIB
loading...
Doa agar Menstruasi Lancar Bersumber dari Al Quran
Doa agar mestruasi lancar penting diketahui dan diamalkan kaum muslimah, agar siklus bulanan itu tidak menganggu aktivitas kaum hawa tersebut. Foto ilustrasi/ist
A A A
Doa agar menstruasi lancar dan sesuai siklus waktunya penting diketahui kaum muslimah. Kelancaran menstruasi atau haid bagi muslimah sangat diharapkan karena terkait melakukan ibadah keagamaan serta agenda-agenda lain yang mengharuskan kaum Hawa ini bisa tampil maksimal tanpa terganggu keluhan siklus bulanan tersebut.

Soal menstruasi atau haid adalah sunatullah dan terjadi atas kehendak Allah SWT. Hal ini sebagaimana sesuai dengan sabda Rasulullah Shallallahu alaihi wa sallam kepada istrinya, Aisyah radhiyallahu'anha. Beliau bersabda:

"Sesungguhnya darah haid itu merupakan perkara yang telah ditetapkan oleh Allah atas setiap wanita keturunan Nabi Adam AS." (HR. Muslim).

Doa agar haid lancar ini, kaum muslimah dianjurkan membaca Surat Al-Anbiya ayat 84, yang berbunyi :

رَبَّهُ أَنِّي مَسَّنِيَ الضُّرُّ وَأَنْتَ أَرْحَمُ الرَّاحِمِينَ


Robbi annii massani yadh dhurru wa anta arhamar roohimiin."

Artinya: "Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah ditimpa penyakit dan Engkau adalah Tuhan Yang Maha Penyayang di antara semua penyayang."

Selain itu, ada pula hadis shahih yang diriwayatkan Bukhari sebagai salah satu doa supaya haid cepat keluar, sebagai berikut:

اللّهُمَّ رَبَّ النَّاسِ أَذهِبِ البَأسَ اشفِ أَنتَ الشَّافِي لَا شِفَاءَ إِلَّا شِفَاوءُكَ شِفَاءً لَا يُغَادِرُ سَقَمًا


Allahumma Rabbannasi, adzhibil ba'sa isyfi anta asy-syafi la syifa'a illa syifauka syifaan la yughadiru saqoman

Artinya: "Ya Allah Tuhannya manusia, hilangkanlah rasa sakit ini, sembuhkanlah, Engkau dzat Yang Maha Menyembuhkan, tak ada kesembuhan kecuali kesembuhan dari-Mu, yaitu kesembuhan yang tak meninggalkan rasa sakit." (HR. Bukhari).

Selain berdoa, muslimah bisa menjalani hidup sehat, konsumsi buah, makanan yang bergizi, vitamin dan relaksasi.


Wallahu A'lam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1362 seconds (0.1#10.140)