Asal-usul Pondok Labu Jakarta Selatan, Kawasan yang Dulunya Perkebunan

Selasa, 12 September 2023 - 13:15 WIB
loading...
Asal-usul Pondok Labu Jakarta Selatan, Kawasan yang Dulunya Perkebunan
Pada masa lampau Pondok Labu merupakan kawasan perkebunan dan pertanian. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Asal-usul Pondok Labu di Jakarta Selatan menarik diulas. Daerah ini merupakan salah satu kelurahan di Kecamatan Cilandak, Jakarta Selatan.

Kelurahan Pondok Labu berbatasan dengan Kelurahan Cilandak Barat di sebelah utara, Kelurahan Lebak Bulus di barat, Kelurahan Cilandak Timur di timur, dan Kota Depok di selatan.

Dibalik keunikan namanya, Pondok Labu menyimpan sejarah yang menarik. Berikut ulasan mengenai asal-usul Pondok Labu, Jakarta Selatan.

Asal-usul Pondok Labu Jakarta Selatan


Dilansir dari laman Seni Budaya Betawi, pada masa lampau Pondok Labu merupakan kawasan perkebunan dan pertanian. Dalam buku karya Zaenuddin HM berjudul “212 Asal-Usul Djakarta Tempo Doeloe” yang diterbitkan Ufuk Press, nama kawasan tersebut diambil dari kata majemuk, pondok dan labu.



Pondok berarti gubug atau dangau-dangau tempat pemondokan atau tempat penginapan sementara. Sedangkan labu adalah nama jenis tanaman merambat, yaitu buah labu besar (lagenaria hispida ser) yang bisa dikonsumsi.

Untuk itu, kata majemuk Pondok-Labu dapat berarti pondok atau gubuk yang dirambati (tanaman) labu.

Kawasan Pondok Labu disebut-sebut pada 1803 sebagai milik tuan tanah bernama Pieter Welbeck, di samping Cinere dan Lebak Bulus yang pada zaman dahulu oleh orang Belanda biasa disebut Simplicitas.

Di kawasan Pondok Labu, tuan tanah tersebut mempunyai penggilingan padi dan sebuah rumah peristirahatan yang diberi nama Simplicitas.

Dalam peta yang dibuat oleh Topographisch Bureau, Batavia 1900, penggilingan padi dan rumah peristirahatan itu terletak tidak jauh dari Kali Pesanggrahan.

Bisa disimpulkan asal usul Pondok Labu adalah dari kata Pondok yang berarti gubug atau tempat singgah sementara, sedangkan Labu adalah buah labu yang kala itu pohonnya merambat di dinding Pondok.
(okt)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1389 seconds (0.1#10.140)