Super Garuda Shield 2023, Tentara Angkatan Darat AS Bersama TNI AD Restorasi Sekolah

Selasa, 12 September 2023 - 18:24 WIB
loading...
Super Garuda Shield 2023, Tentara Angkatan Darat AS Bersama TNI AD Restorasi Sekolah
Panglima Komando Theater Sustainment ke-8 Angkatan Darat AS Mayor Jenderal Jared Helwig dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono melakukan pemotongan pita dalam acara peresmian proyek restorasi sekolah di Situbondo, Jawa Timur. Foto/istimewa
A A A
JAKARTA - Tentara Angkatan Darat AS dari Engineer Brigade 130 dan Tentara cadangan Angkatan Darat dari 12th Theater Engineer Command serta Batalyon Zeni Konstruksi 12 TNI AD, selesai melakukan restorasi atau perbaikan sekolah. Kegiatan restorasi tersebut dilakukan selama Latihan Bersama Super Garuda Shield 2023 di Situbondo, Jawa Timur.

Panglima Komando Theater Sustainment ke-8 Angkatan Darat AS Mayor Jenderal Jared Helwig dan Panglima TNI Laksamana TNI Yudo Margono, yang memimpin langsung upacara pemotongan pita mengucapkan terima kasih kepada para tentara atas kerja kerasnya.

“Selesainya restorasi sekolah ini menunjukkan komitmen kami terhadap Indonesia dan menjadi bukti nyata keterlibatan kami sebagai mitra yang baik. Anak-anak ini memiliki kesempatan untuk tumbuh dan belajar di Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka dengan masa depan cerah di hadapan mereka berkat kemitraan kita yang kuat,” Mayjen Jered Helwig, Panglima Komando Theater Sustainment ke-8 dikutip Selasa (12/9/2023).



Ratusan masyarakat setempat hadir menyaksikan acara tersebut sebagai apresiasi mereka atas restorasi sekolah. Setelah upacara selesai, tentara Amerika menyempatkan diri untuk berfoto dengan anak-anak dan orang dewasa yang hadir.

Perlu diketahui, tim gabungan ini memulai proyek restorasi pada 25 Agustus. Mereka bekerja tanpa henti untuk menyelesaikan proses restorasi sebelum Super Garuda Shield selesai.



Beberapa proyek besar yang telah diselesaikan, antara lain penggantian atap yang rusak, penguatan infrastruktur kelistrikan, penggantian dinding yang rusak akibat air, pembangunan gorong-gorong untuk mengurangi banjir, penambahan menara air untuk mengalirkan air, peletakan batu bata beton di halaman untuk menghilangkan tumbuhan liar, dan pengecatan dinding sekolah untuk tampilan sekolah yang lebih cerah.

Super Garuda Shield 2023, Tentara Angkatan Darat AS Bersama TNI AD Restorasi Sekolah


“Saya mengunjungi Indonesia beberapa waktu lalu meninjau kondisi sekolah untuk perencanaan kegiatan tim kami. Ketika saya melihat lagi apa yang telah kami kerjakan selama beberapa minggu terakhir ini, saya sungguh senang bisa ambil bagian dalam proses transformasi dan membuat tampilan sekolah yang berbeda,” kata Komandan Kompi Engineer Brigade 926 Komando Theater Engineer ke-12 Kapten Jay Gilani.

Meskipun sebagian besar kegiatan dalam pelatihan Super Garuda Shield berpusat pada membangun kesiapan dan interoperabilitas persenjataan gabungan, proyek restorasi sekolah memiliki tujuan yang berbeda dalam kemitraan AS-Indonesia.

“Saya senang sekali bisa bekerja sama dengan Angkatan Darat AS di sekolah tersebut, mereka sangat baik. Semoga kita bisa bekerja sama lagi dalam misi lain di masa mendatang,” kata anggota Marinir TNI sekaligus insinyur dari Batalyon Zeni Konstruksi ke-12 Eli Nanang Sutanto.

Super Garuda Shield adalah latihan tahunan yang cakupan dan ukurannya telah berkembang secara signifikan sejak 2009. Tahun ini adalah tahun kedua berturut-turut latihan ini berkembang menjadi kegiatan gabungan dan bersama, yang menunjukkan komitmen tujuh negara peserta dan 12 negara pengamat terhadap kemitraan Indo-Pasifik yang bebas dan terbuka.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1471 seconds (0.1#10.140)