Amalan Rebo Wekasan untuk Wanita Haid

Selasa, 12 September 2023 - 18:42 WIB
loading...
Amalan Rebo Wekasan untuk Wanita Haid
Salah satu amalan Rebo Wekasan bagi wanita yang sedang haid adalah memperbanyak zikir dan berdoa mohon perlindungan Allah SWT dari segala bencana. Foto ilustrasi/ist
A A A
Amalan Rebo Wekasan untuk wanita haid sangat bermanfaat dan mengandung banyak pahala serta dapat menghindarkan dari berbagai bala bencana. Apa dan bagaimana amalannya?

Istilah Rebo Wekasan ditujukan untuk hari Rabu terakhir di bulan Safar. Bagi masyarakat terutama di Puau Jawa Rebo Wekasan ini diyakini perlu disertai amalan di dalamnya agar bisa terhindar dari bala atau bencana.

Tradisi Rebo Wekasan memang bukan bagian dari Syariat Islam, akan tetapi merupakan tradisi yang positif karena di dalamnya ada amalan ibadah bernilai pahala. Karena itu, hukum ibadahnya sangat bergantung pada tujuan dan teknis pelaksanaan. Jika niat dan pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan syariat, maka hukumnya boleh. Tapi bila terjadi penyimpangan (baik dalam keyakinan maupun caranya), maka hukumya haram.

Amaliyah di Rebo Wekasan ini bisa diamalkan kaum muslim, tak terkecuali bagi wanita yang tengah berhadas atau haid. Karena banyak amalan ibadah yang bisa dilakukan di hari Rabu Wekasan. Bagi wanita haid bisa melakukan amalan ibadah di antaranya, bersedekah, membaca zikir, berdoa, dan mendengarkan orang membaca Al Qur'an.

Menyadur berbagai sumber, berikut beberapa amalan yang bisa dikerjakan wanita haid saat Rebo Wekasan.

1. Memperbanyak sedekah dan istighfar

Sedekah masih diperkenankan dilakukan pada oleh wanita yang tengah haid. Rasul pun dalam satu keterangan menganjurkan agar kaum wanita bersedekah dan memperbanyak istighfar.

"Wahai kaum perempuan! Bersedekahlah kamu dan perbanyaklah istighfar. Karena, aku melihat kaum perempuanlah yang paling banyak menjadi penghuni neraka." (HR Muslim).

2. Shalawat dan zikir

Mengingat Allah diharuskan bagi semua hamba. Tak terkecuali para wanita yang tengah datang bulan.

"Barangsiapa yang bershalawat kepadaku sekali, maka Allah akan bershalawat untuknya sepuluh kali." (HR Muslim, Abu Dawud, Tirmidzi, dan Nasa’i).

3. Berdoa

Berdoa pun dapat dilakukan oleh wanita. Ini salah satu yang dianjurkan pada Rebo Wekasan.

Allahumma bihaqqil faatihah wasirril faatihah ya faarijal hammi wa yaa kaasyifal ghammi ya man lli ibaadihii yaghfiru wayarham.
Yaa daafi’al bala’i yaa Allah wa yaa daafi’al bala’i yaa rahmaan wa yaa daafi’al balaa’i yaa rahiim.

4. Bersilaturahmi

Amalan Rebo Wekasan bagi perempuan haid berikutnya yakni menjalin silaturahmi dengan saudara dan teman. Silaturahmi ini sangat besar
keutamaannya karena akan menambah keberkahan umur dan dilapangkan rezekinya.

Itulah sejumlah amalan yang bisa dikerjakan wanita haid saat Rebo Wekasan.



Wallau 'alam
(wid)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1488 seconds (0.1#10.140)