Hitung-Hitungan Peluang Timnas Indonesia Masuk Olimpiade 2024 Paris dan Piala Dunia 2026

Rabu, 13 September 2023 - 15:16 WIB
loading...
Hitung-Hitungan Peluang Timnas Indonesia Masuk Olimpiade 2024 Paris dan Piala Dunia 2026
Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong telah menorehkan berbagai prestasi membanggakan. Mulai dari peningkatan peringkat FIFA hingga membawa tiga kelompok usia timnas ke Piala Asia / Foto: NBC Bay Area
A A A
Timnas Indonesia di era Shin Tae-yong telah menorehkan berbagai prestasi membanggakan. Mulai dari peningkatan peringkat FIFA hingga membawa tiga kelompok usia timnas ke Piala Asia .

Tak mengherankan jika keberhasilan ini membuat Shin Tae-yong semakin termotivasi untuk membawa Timnas Indonesia tampil di Olimpiade 2024 dan Piala Dunia 2026. Rasanya tidak berlebihan jika penggemar sepak bola di Tanah Air memimpikan hal itu.

Meskipun terdengar seperti mimpi yang terlalu indah menjadi kenyataan, dua target tersebut bukanlah mustahil dicapai Timnas Indonesia. Namun, pastinya perlu usaha besar untuk menerjang panjangnya perjalanan ke dua ajang tersebut.


Cara Timnas Indonesia Bisa Masuk Olimpiade 2024 Paris


Lolosnya timnas Indonesia dari kualifikasi Piala Asia U-23 menjadi langkah awal bagi Garuda Muda untuk bisa lolos ke Olimpiade 2024 yang dihelat di Paris, Prancis. Karena Piala Asia U-23 2024 ini akan bertindak sebagai turnamen kualifikasi untuk bisa lolos ke Olimpiade 2024 zona Asia. Bagi negara yang berhasil mencapai tiga besar di Piala Asia U-23 2024 akan lolos otomatis ke Olimpiade Paris.

Sementara untuk negara yang finis di posisi keempat Piala Asia U-23 akan menjalani playoff AFC vs CAF yang akan digelar di Paris untuk memperebutkan satu tiket terakhir. Meskipun punya kesempatan besar, namun ini tetap akan jadi tugas berat bagi Shin Tae yong mengingat Indonesia harus berhadapan dengan berbagai negara tangguh dari Asia. Namun ini tetaplah menjadi kesempatan yang terbuka lebar untuk timnas Indonesia untuk pertama kalinya bisa lolos ke Olimpiade.


Cara Timnas Indonesia Bisa Lolos Piala Dunia 2026


Peningkatan slot peserta dari yang tadinya hanya 32 menjadi 48 negara di Piala Dunia 2026 yang akan dihelat di Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko ini tentulah menjadi peluang besar bagi negara-negara yang belum berkesempatan untuk mencicipi ajang terbesar di dunia sepak bola ini. Dengan bertambahnya 16 slot negara di Piala Dunia 2026 mendatang, Asia yang biasanya hanya mendapatkan empat slot kini akan meningkat menjadi 8 slot lolos otomatis dan satu tim tampil di babak playoff.

Meski terdengar sangat menjanjikan, ini akan menjadi perjalanan panjang bagi Timnas Indonesia, karena sebagai negara yang duduk di peringkat ke-28 Asia maka harus menjalani babak pertama kualifikasi zona Asia. Babak tersebut diikuti oleh negara-negara Asia yang peringkatnya berada di urutan ke-26 ke bawah.

Bila mampu lolos babak pertama kualifikasi zona Asia, maka Indonesia akan menjalani babak kedua kualifikasi zona Asia yang diikuti tim-tim peringkat 1-25 Asia, ditambah 11 negara yang lolos babak kualifikasi pertama. Setiap tim di fase kedua ini akan dibagi ke dalam grup dan menjalani enam laga dengan sistem tandang kandang. Negara yang berhasil menduduki posisi pertama dan kedua dalam grup tersebut, maka akan lolos ke babak ketiga.

Pada babak selanjutnya, sebanyak 18 negara yang lolos akan dibagi menjadi tiga grup. Setiap negara yang finis di posisi satu dan dua secara otomatis akan lolos ke Piala Dunia 2026.

Sedangkan untuk negara yang menempati urutan ketiga dan empat akan tampil di babak keempat. Babak selanjutnya yang diikuti enam tim ini akan dibagi kedalam dua grup, dan siapapun yang berhasil menjadi juara grup maka negara itulah yang lolos ke Piala Dunia 2026.

Sementara itu, tim yang finis di posisi dua akan bertemu di babak playoff. Tim yang memenangkan babak ini, bakal tampil di babak kelima yakni babak antar konfederasi.

Itulah rangkaian laga panjang yang harus dipersiapkan secara matang oleh Timnas Indonesia untuk bisa lolos ke Piala Dunia 2026 AS.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1926 seconds (0.1#10.140)