Apakah Piala Asia U-23 2024 Masuk Kalender FIFA?

Kamis, 14 September 2023 - 13:07 WIB
loading...
Apakah Piala Asia U-23 2024 Masuk Kalender FIFA?
Apakah Piala Asia U-23 2024 Masuk Kalender FIFA?
A A A
JAKARTA - Pertanyaan mengenai apakah Piala Asia U-23 termasuk dalam kalender resmi FIFA kerap menjadi topik perdebatan di dunia sepak bola. Hal ini muncul karena turnamen ini memiliki dampak besar dalam perkembangan pemain muda di Asia. Pada kenyataannya, status Piala Asia U-23 tidak masuk kalender FIFA.

Penjelasan PialaAsia U-23 Tidak Masuk Kalender FIFA


Piala Asia U-23 merupakan ajang kompetisi yang diselenggarakan oleh Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) untuk pemain di bawah usia 23 tahun. Turnamen ini menjadi penting karena menjadi ajang kualifikasi untuk Piala Dunia U-23 yang diikuti oleh tim-tim dari berbagai belahan dunia.

Namun, status turnamen Piala Asia U-23 tidak masuk kalender FIFA. Meskipun Piala Asia U-23 memiliki pengaruh besar dalam perkembangan sepak bola muda di Asia, turnamen ini tidak termasuk dalam jadwal internasional FIFA, yang biasanya mencakup pertandingan persahabatan dan kualifikasi Piala Dunia.

Baca Juga: Daftar Pembagian Pot Drawing Piala Asia U-23 2024

Beberapa pihak berpendapat bahwa Piala Asia U-23 harus diakui secara resmi oleh FIFA agar mendapatkan perhatian yang lebih besar dari klub-klub sepak bola di seluruh dunia. Dengan status resmi dalam kalender FIFA, turnamen ini akan lebih mudah mendapatkan perhatian dari klub-klub besar yang mungkin enggan melepaskan pemain muda mereka untuk berpartisipasi dalam turnamen tersebut.

Terkait permasalahan ini, Ketua Umum PSSI Erick Thohir sampai turun tangan langsung melobi klub agar bersedia melepas pemainnya berlaga di Piala Asia U-23 2024. Hal itu disampaikan Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI yang juga menjabat Manajer Timnas U-23, Endri Erawan, sesaat setelah Timnas Indonesia U-23 memastikan diri lolos ke putaran final Piala Asia U-23 2004 Qatar.

"Harus pemain terbaik yang mewakili Timnas Indonesia U-23. PSSI sudah menyiapkan formula untuk berbicara dengan klub. Kemungkinan kita bicara jauh dengan pemilik klun," kata Endri Erawan.

Namun, di sisi lain, ada juga pandangan bahwa Piala Asia U-23 seharusnya tetap berada di bawah pengawasan AFC dan tidak perlu diakui oleh FIFA. Hal ini karena turnamen ini telah berhasil menciptakan kompetisi yang sangat sengit dan berkualitas di tingkat regional, yang memberikan peluang besar bagi pemain muda Asia untuk berkembang.

Pertanyaan apakah Piala Asia U-23 akan diakui oleh FIFA atau tidak mungkin akan terus menjadi perdebatan di dunia sepak bola. Namun, yang jelas, turnamen ini tetap menjadi salah satu ajang penting dalam pengembangan sepak bola muda di Asia, dengan atau tanpa pengakuan resmi dari FIFA.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)