Timnas Basket Indonesia Optimistis Raih Hasil Bagus di Asian Games 2022

Rabu, 20 September 2023 - 15:02 WIB
loading...
Timnas Basket Indonesia Optimistis Raih Hasil Bagus di Asian Games 2022
Manajer tim nasional basket Indonesia, Jeremy Imanuel Santoso optimistis timnya bisa mendapatkan hasil bagus di Asian Games 2022 Hangzhou, China. / Foto: Perbasi
A A A
JAKARTA - Manajer tim nasional basket Indonesia , Jeremy Imanuel Santoso optimistis timnya bisa mendapatkan hasil bagus di Asian Games 2022 Hangzhou, China. Hal tersebut tak lepas dari Prancis yang tampil buruk di FIBA World Cup 2023.

Tim Basket Indonesia berada di Grup D Asian Games 2022 Hangzhou bersama Korea Selatan, Jepang dan Qatar. Semua pertandingan pun berlangsung di University Zijingang Campus Gumnasium.

Sebelum tampil di Asian Games 2022, Timnas Basket Indonesia menjalani 3 laga uji coba menghadapi Select Team di GBK Arena Senayan, Jakarta Pusat. Hasilnya mendapatkan satu kemenangan dan sisanya menelan kekalahan.



Jeremy Imanuel Santoso mengatakan jika Timnas Basket Indonesia tidak mencari kemenangan di laga uji coba menghadapi Select Team, karena bertujuan untuk para pemain beradaptasi di Asian Games 2023.

Dia menjelaskan, para pemain harus bisa beradaptasi, karena setiap lawan di fase grup memiliki karakter permainan berbeda.

"Untuk scrimmage game, bukan kalah dan menang yang kita cari. Pertandingan ini untuk adaptasi lawan, di mana Select Team ini kita buat untuk memerankan lawan kita nanti di group stage. Misal, saat ini kita sedang mencoba bagaimana hadapi permainan Timnas Qatar. Kita lihat anak-anak perlu adaptasi, di mana dia bisa tiba-tiba full court defence, tiba-tiba tidak. Jadi memang anak-anak perlu adaptasi di situ," jelas Jeremy Imanuel Santoso dalam rilis PP Perbasi, Selasa (19/9/2023).

Sementara, tim basket Indonesia harus berjuang keras untuk bisa mendapatkan hasil bagus di Asian Games 2022. Pasalnya, sejumlah pemain yang membawa Indonesia meraih emas SEA Games 2023 Vietnam tidak ikut tampil. Mereka di antaranya Andakara Prastawa, Arki Dikania Wisnu, Brandon Jawato, Marques Bolden, Dame Diagne, Derrick Michael, Agassi Goantara dan Abraham Damar Grahita.

Badan Tim Nasional Perbasil pun memaksimalkan potensi pemain muda untuk berlaga di Asian Games 2023. Mereka adalah Anthony Erga, Pandu Wiguna, Muhammad Reza Guntara, Karl Patrick Gloria, Nickson Damara Gosal, Aldy Izzatur Rachman, Ali Bagir, Xavier Charles dan Xavi Yonga.

Di sisi lain, Jeremy Imanuel Santoso mengatakan, Timnas Basket Indonesia ditargetkan menunjukkan penampilan terbaik di Asian Games 2023. Meski bukan tim unggulan, tetapi dia menilai jika Prancis yang diunggulkan saat FIBA World Cup 2023 justru tampil mengecewakan sehingga apapun bisa terjadi.



"Untuk target di Asian Games, tentu target kita harus menang ya, tapi target realistis kita adalah memberikan yang terbaik. Saya juga tidak mungkin bilang dari sekarang wah Indonesia udah pasti kalah, kan tidak mungkin juga. Semua masih bisa terjadi, kita lihat saja di Piala Dunia kemarin, tim dunia seperti Prancis aja bisa kalah," tutupnya.
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2813 seconds (0.1#10.140)