Inggris Siapkan Proyek Jet Tempur Canggih dengan Jepang Italia

Kamis, 21 September 2023 - 23:19 WIB
loading...
Inggris Siapkan Proyek Jet Tempur Canggih dengan Jepang Italia
Inggris, Italia dan Jepang ingin berkoalisi memproduksi pesawat canggih. Foto/Reuters
A A A
LONDON - Jepang, Inggris , dan Italia berencana memilih Inggris sebagai markas program pesawat tempur generasi berikutnya. Itu menempatkan London di garis depan kemitraan yang dapat diperluas hingga mencakup negara-negara lain.

Ketiga negara tersebut membentuk Global Combat Air Program (GCAP) pada bulan Desember setelah Inggris dan Jepang sepakat untuk menggabungkan upaya tempur mereka dalam sebuah kolaborasi terobosan yang bertujuan untuk mengerahkan pesawat canggih pada pertengahan dekade berikutnya.

Jepang dan Inggris akan mendominasi desain dan manufaktur pada proyek tersebut, dengan pengalaman London yang lebih dalam dan terkini dalam pengembangan jet tempur kemungkinan akan memberinya peran utama dalam mengatur program tersebut.

“Kantor pusatnya akan berada di Inggris, tapi demi keseimbangan, seseorang dari Jepang bisa memimpinnya,” kata salah satu sumber, yang semuanya meminta untuk tidak disebutkan namanya karena sensitifnya isu tersebut, dilansir Reuters.



“Diskusi mengenai markas tersebut sedang berlangsung dan kami tidak dapat mengomentari lokasinya,” kata badan pengadaan pertahanan Jepang melalui email. Kerangka pengembangan untuk pesawat tempur tersebut akan ditetapkan pada tahun fiskal berikutnya, tambahnya.

“Belum ada keputusan akhir yang dibuat mengenai lokasi tersebut dan kami tidak akan mengomentari spekulasi tersebut,” kata juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris.

Pejabat di kementerian pertahanan Italia tidak dapat dihubungi untuk dimintai komentar.

Reuters pada bulan Maret melaporkan bahwa Italia akan membayar sekitar seperlima dari keseluruhan biaya pembangunan, yang dianggap “spekulatif” oleh pemerintah negara tersebut.

Kepala kelompok pertahanan dan kedirgantaraan Italia Leonardo (LDOF.MI) mengatakan Arab Saudi tidak akan menjadi mitra inti dalam proyek tersebut, setelah Financial Times bulan lalu mengatakan pihaknya mendorong untuk bergabung.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1256 seconds (0.1#10.140)