Hasil Latihan Bebas 1 MotoGP India 2023: Marco Bezzecchi Tercepat, Marquez Mengekor

Jum'at, 22 September 2023 - 14:38 WIB
loading...
Hasil Latihan Bebas 1 MotoGP India 2023: Marco Bezzecchi Tercepat, Marquez Mengekor
Hasil Latihan Bebas 1 MotoGP India 2023: Marco Bezzecchi, Marquez Mengekor
A A A
DANKAUR - Sesi Latihan Bebas 1 (Free Practice 1/FP1) MotoGP India 2023 berlangsung selama 70 menit dan telah selesai digelar pada Jumat (22/9/2023) siang WIB. Marco Bezzecchi, pembalap tim Mooney VR46 Ducati, berhasil tampil sebagai yang tercepat dengan mencatatkan waktu 1 menit 45,990 detik.

Sementara itu, pembalap bintang dari tim Repsol Honda, Marc Marquez, menempati posisi kedua dalam sesi latihan ini. Diikuti oleh Brad Binder dari tim KTM Red Bull yang berhasil meraih posisi ketiga.

Sesi FP1 menjadi momen bersejarah bagi para pembalap MotoGP karena mereka pertama kali mencoba sirkuit Internasional Buddh dengan menunggangi motor mereka. Marc Marquez dan rekan-rekannya dihadapkan dengan cuaca panas mencapai 30 derajat Celsius di trek sepanjang 5 kilometer ini.



Pada awal sesi, beberapa pembalap terlihat masih beradaptasi dengan sirkuit, dan bahkan Aleix Espargaro dari tim Aprilia Racing sengaja melebar di Tikungan 1 untuk mencoba berlalu di atas gravel. Saat itu, Jorge Martin dari tim Pramac Ducati memimpin perolehan waktu tercepat.

Namun, setelah 11 menit berlalu, Brad Binder dari tim KTM Red Bull menjadi pembalap pertama yang terjatuh di Sirkuit Buddh. Ia melebar di Tikungan 1 dan terjatuh ke atas gravel. Pembalap lainnya seperti Stefan Bradl dari tim LCR Honda, Marc Marquez dari tim Repsol Honda, dan Michele Pirro dari tim Ducati Lenovo juga mengalami kesulitan berbelok di Tikungan 1, menyebabkan mereka meluncur ke atas gravel. Bahkan, setelah itu, semakin banyak pembalap yang berhenti di titik yang sama.

Setelah 15 menit berlalu, Luca Marini dari tim Mooney VR46 Ducati menjadi pembalap tercepat dengan catatan waktu 1 menit 47,9 detik. Ia unggul 0,7 detik dari Jorge Martin dan Marc Marquez yang berada tepat di belakangnya. Sementara itu, Fabio Quartararo dari tim Monster Energy Yamaha terpaksa kembali ke pit karena mengalami masalah teknis pada motornya.

Sepuluh menit kemudian, giliran Aleix Espargaro yang mengambil alih posisi tercepat dengan waktu 1 menit 47,6 detik. Ia diikuti oleh Augusto Fernandez dari tim GASGAS Tech3 dengan selisih 0,235 detik, serta Marini, Franco Morbidelli dari tim Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales dari tim Aprilia Racing, Joan Mir dari tim Repsol Honda, Martin, dan Marquez.

Namun, kecelakaan serius menimpa Takaaki Nakagami dari tim LCR Honda di Tikungan 1. Pembalap asal Jepang ini terjatuh saat melakukan pengereman di tikungan lambat dan tergelincir dengan kecepatan tinggi di atas gravel. Motornya terbalik beberapa kali dan mengalami kerusakan berat. Namun, beruntungnya, Nakagami tidak mengalami luka serius.

Kemudian, Martin kembali menjadi yang tercepat dengan waktu 1 menit 46,817 detik. Namun, dengan sisa waktu 17 menit, Marini merebut kembali posisi teratas dari tangan Martin dengan waktu 1 menit 46,515 detik.

Pada saat tersisa 10 menit, Martin sekali lagi berhasil meraih peringkat teratas. Akan tetapi, Marco Bezzecchi dari tim Mooney VR46 Ducati berhasil mengalahkan waktunya dengan mencatatkan waktu 1 menit 45,990 detik saat sesi tersisa empat menit.

Dengan demikian, Marco Bezzecchi mengakhiri sesi FP1 sebagai pembalap tercepat, sementara Marc Marquez berhasil melompat ke posisi kedua, dan Brad Binder juga naik ke posisi ketiga.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1542 seconds (0.1#10.140)