9 Fakta Unik Merkurius, Planet Terdekat dengan Matahari

Sabtu, 23 September 2023 - 16:23 WIB
loading...
9 Fakta Unik Merkurius, Planet Terdekat dengan Matahari
Planet Merkurius merupakan planet terdekat dari pusat tata surya, matahari. (Foto: NASA)
A A A
JAKARTA - Planet Merkurius dikenal sebagai planet terdekat dari pusat tata surya, matahari. Ada berbagai fakta unik lainnya di balik planet tersebut.

Jarak Merkurius ke matahari sekitar 57,9 juta kilometer. Planet ini mengelilingi matahari (revolusi matahari) sekali putaran membutuhkan waktu selama 88 hari di Bumi. Orbit Merkurius mengelilingi matahari berbentuk elips dengan nilai eksentrisitas sebesar 0,21.

Merkurius memiliki jarak terjauh dan jarak terdekat terhadap matahari. Memiliki jarak terjauh sekitar 70 juta kilometer dan jarak terdekat terhadap matahari sekitar 47 kilometer.


Mari kita kenal 9 fakta unik planet Merkurius, planet terdekat dari matahari.

1. Planet terkecil di tata surya

Merkurius memiliki ukuran sangat kecil dibandingkan dengan bulan yang ada di Bumi. Tepatnya memiliki ukuran 0,7% lebih besar dari bulan dan 2,7% lebih kecil dari bumi.

2. Memiliki gravitasi yang kuat

Meskipun mlMerkurius memiliki ukuran yang kecil, planet ini mempunyai gaya gravitasi yang kuat. Planet ini memiliki radius sekitar 75% dari total radius planet, dan kerak merkurius yang tipis sekitar 100 kilometer.

3. Jarak yang dekat dengan matahari

Jarak yang dekat dengan matahari, mengakibatkan Merkurius dapat mengalami perubahan suhu yang cukup ekstrem. Suhunya bisa mencapai 430 derajat Celsius pada siang hari dan pada malam hari mengalami penurunan suhu hingga -180 derajat Celsius.

4. Tidak memiliki satelit alami

Merkurius berbeda dengan planet lainnya yang memiliki satelit alami, sedangkan Merkurius tidak memiliki satelit alami.

5. Memiliki rotasi yang unik

Planet Merkurius berotasi pada porosnya tepat tiga kali pada setiap dua kali periode revolusi mengelilingi matahari. Fenomena ini menyebabkan Merkurius terlihat hanya berotasi hanya dua tahun sekali.


6. Memiliki kemiringan terkecil di tata surya

Hal ini menjadi salah satu keunikan dari Merkurius, yakni memiliki kemiringan terkecil dari pada planet lainnya, kemiringan tersebut sekitar 1/30 derajat.

7. Memiliki medan magnet terpolarisasi

Merkurius memiliki medan magnetik yang dihasilkan oleh inti besinya yang padat, yang membentuk medan magnetik yang sangat lemah namun konsistensi dengan kemiringan sumbunya.

8. Memiliki warna abu-abu

Meskipun Merkurius terletak sangat dekat dengan matahari, manusia masih bisa mengetahui banyak informasi terkait planer tersebut seperti warna dan kondisi permukaannya.

Warna planet Merkurius ini mirip bulan yakni warna abu-abu dan pada beberapa area lebih gelap atau terang.

9. Mempunyai suhu ekstrem

Planet terkecil ini memiliki suhu yang cukup ekstrem, dengan suhu maksimum sekitar 430 derajat celsius dan suhu minimum mencapai 180 derajat celsius. Nah, itulah beberapa fakta unik yang harus anda ketahui dari planet Merkurius.

MG/Talitha Luthfiana Safa
(msf)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2823 seconds (0.1#10.140)