FP3 F1 GP Monako 2017: Ferrari 1-2, Red Bull Saingi Mercedes

Sabtu, 27 Mei 2017 - 17:30 WIB
FP3 F1 GP Monako 2017: Ferrari 1-2, Red Bull Saingi Mercedes
FP3 F1 GP Monako 2017: Ferrari 1-2, Red Bull Saingi Mercedes
A A A
MONTE CARLO - Pembalap F1 Sebastian Vettel, menjadi yang tercepat dan memimpin hasil 1-2 tim Ferrari pada sesi latihan bebas terakhir (FP3) F1 GP Monako 2017, di sirkuit jalan raya Monte Carlo, Sabtu (27/5) sore WIB.

Ya, pembalap Jerman itu mencetak waktu tercepatnya menggunakan ban Pirelli kompon terlunak, ultrasoft berwarna ungu. Ia unggul di depan Kimi Raikkonen yang mencetak waktu 1 menit 12,740 detik dengan kompon yang sama.

Valtteri Bottas menjadi pembalap Mercedes tercepat di urutan ketiga dengan raihan yang masih terpaut 0,435 detik lebih lambat dari Vettel. Pembalap Red Bull, Max Verstappen, memisah dua pembalap tim 'panah perak' dengan menempati urutan keempat. Ia berada di depan Lewis Hamilton, dan rekan setimnya, Daniel Ricciardo yang berhenti di luar tikungan Sainte Devote tepat setelah bendera finis dikibarkan.

Melanjutkan performa positif mereka adalah duo pembalap Toro Rosso. Carlos Sainz dan rekan setimnya, Daniil Kvyat, masing-masing menempati urutan ketujuh dan kedelapan. Sedangkan hasil cukup mengejutkan juga diraih pembalap Belgia di tim McLaren-Honda, Stoffel Vandoorne, yang melengkapi sepuluh pembalap tercepat menjelang sesi kualifikasi.

Juara dunia F1 2009, Jenson Button, yang melakukan penampilan perdana dan satu-satunya di F1 2017 pekan ini, juga meraih hasil yang cukup baik di urutan ke-12. Tapi setelah melakukan pergantian komponen mesin Honda, pembalap Inggris Raya tersebut dipastikan akan memulai balapan hari Minggu dari posisi start paling belakang.

Saat sesi FP3 tinggal menyisakan waktu kurang dari 20 menit, Ferrari menempati dua posisi terdepan. Vettel mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 12,395 detik, sementara rekan setimnya, Raikkonen, terpaut 0,345 detik lebih lambat di posisi kedua.

Verstappen sempat berada di urutan ketiga, memisah duo pembalap Mercedes. Bottas memimpin rekan setimnya, Hamilton. Tapi pembalap Finlandia itu mengeluhkan lajunya saat melewati tikungan kedelapan.

"Apa yang bisa kita lakukan (untuk tikungan 8, Portier)," tanya Bottas kepada timnya melalui radio. "Kamu sebenarnya cukup kencang di sana, tidak ada yang bisa kita lakukan," jawab teknisi balap Mercedes seperti dilaporkan Motorsport. Beberapa menit kemudian Bottas membawa mobil Mercedes W08 naik ke posisi tiga dengan catatan waktu 1 menit 12,830 detik.
Mobil tim Force India yang digeber Esteban Ocon menabrak dinding pembatas sirkuit Monte Carlo di FP3 F1 GP Monako 2017. (Foto-F1)
Pada delapan menit terakhir sesi FP3, kecelakaan terjadi di kompleks tikungan Piscine (kolam renang). Esteban Ocon membentur pagar pembatas sisi dalam yang merusak suspensi kanan depan mobilnya dan kemudian menabrak dinding TecPro di bagian akhir tikungan. Periode Virtual Safety Car (VSC) diberlakukan untuk memberikan waktu kepada marshal yang berusaha mengevakuasi mobil Force India VJM10 milik Ocon.
Hasil daftar catatan waktu pembalap pada FP3 F1 GP Monako 2017. (Foto-crash.net)
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.8894 seconds (0.1#10.140)