5 Tahun Pertahankan Gelar, Emanuel Navarrete Juara Super WBO

Sabtu, 23 September 2023 - 17:01 WIB
loading...
5 Tahun Pertahankan Gelar, Emanuel Navarrete Juara Super WBO
5 Tahun Pertahankan Gelar, Emanuel Navarrete Juara Super WBO/BBC
A A A
Emanuel Navarrete dianugerahi status 'Super Champion' oleh badan pengatur tinju dunia WBO setelah menyandang gelarnya selama hampir lima tahun berturut-turut. Pemegang gelar juara dunia kelas ringan junior WBO dan juara tiga divisi ini telah disetujui untuk menerima gelar istimewa tersebut dalam sebuah keputusan yang dikeluarkan pada hari Jumat.

Badan pengawas dengan suara bulat mendukungnya, satu minggu setelah menerima permintaannya. "Dengan ini permohonan dikabulkan untuk menetapkan Emanuel "Vaquero" Navarrete sebagai "WBO Super Champion" di Divisi Kelas Ringan Junior WBO," kata Ketua Komite Kejuaraan WBO Luis Batista-Salas dalam sebuah keputusan yang diperoleh BoxingScene.com



Navarrete yang berasal dari Meksiko (38-1, 31KO) baru saja meraih kemenangan terbesarnya sampai saat ini, sebuah keputusan mutlak dalam 12 ronde atas rekan senegaranya dan mantan pemegang gelar juara dua divisi, Oscar Valdez (31-2, 23KO). Laga utama mereka pada tanggal 12 Agustus di Desert Diamond Arena, Glendale, Arizona, melihat atlet berusia 28 tahun asal San Juan Zitlaltepec ini menjadikannya penantang Fight of the Year yang ditunggu-tunggu, dengan sebuah penampilan luar biasa yang dimenangkannya dengan skor 119-109, 118-110 dan 116-112.

Kemenangan ini membawa Navarrete memperpanjang rekor kemenangan beruntunnya menjadi 33 kali, yang dimulai pada bulan Desember 2012. Ia kini memiliki rekor 12-0 (7KO) dalam perebutan gelar di kelas bulu junior, kelas bulu dan kelas ringan junior. Ia naik kelas pada awal tahun ini, namun harus turun ke atas kanvas untuk menjatuhkan dan menghentikan perlawanan petinju Australia, Liam Wilson, pada ronde kesembilan dalam perebutan gelar WBO 58,9 kg yang lowong pada tanggal 3 Februari lalu.

Bagian 14 dari peraturan WBO mencakup kriteria 'Super Champion', dimana Navarrete berada dalam jangkauan beberapa persyaratan. Keselarasannya dengan Top Rank telah membuat semua perebutan gelarnya membawa afiliasi ESPN, baik di jaringan utamanya, layanan streaming ESPN+ atau di layanan Pay-Per-View. Seluruh 12 laga perebutan gelar dalam kariernya telah mempertaruhkan gelar WBO dan kemenangan atas Valdez memperkuat klaimnya untuk menghadapi "lawan yang memiliki reputasi dan kemampuan tinggi."



Di antara keuntungan yang diberikan kepada seorang Juara Super WBO adalah fleksibilitas untuk memperpanjang periode antara pertahanan gelar wajib dan kebebasan untuk mengejar pertarungan yang lebih signifikan dan menentukan sejarah. Penunjukan ini juga memungkinkan para penantangnya untuk mengajukan petisi untuk mendapatkan status penantang wajib di divisi lain, atau bahkan divisi mereka sendiri jika mereka kalah dalam perebutan gelar WBO secara fisik di dalam ring atau dengan cara lain.

Emanuel Navarrete saat ini dijadwalkan untuk mempertahankan gelarnya yang kedua melawan Robson Conceicao pada tanggal 16 November di Las Vegas, Nevada. Pertarungan ini akan menjadi tajuk utama dalam perebutan gelar kelas ringan WBC antara Shakur Stevenson vs Edwin De Los Santos.

Dengan kemenangan di ajang ini, Navarrete kini dapat bermanuver untuk meminta penempatan wajib di kelas ringan dalam upaya untuk menjadi pemegang gelar di empat divisi.
(aww)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2126 seconds (0.1#10.140)