Kompetisi Atletik Pelajar Bertajuk Energen Champion SAC Indonesia 2023 di Bandung Tembus 5 Ribu Peserta

Sabtu, 23 September 2023 - 20:23 WIB
loading...
Kompetisi Atletik Pelajar Bertajuk Energen Champion SAC Indonesia 2023 di Bandung Tembus 5 Ribu Peserta
Kompetisi Atletik Pelajar Bertajuk Energen Champion SAC Indonesia 2023 di Bandung Tembus 5 Ribu Peserta
A A A
BANDUNG - Kompetisi atletik pelajar terbesar di Indonesia telah kembali bergulir di Jawa Barat dengan nama Energen Champion SAC Indonesia 2023 West Java Qualifiers . Acara berlangsung dari tanggal 22 hingga 24 September di Stadion Arcamanik, Bandung. Antusiasme yang luar biasa terlihat dari para pelajar, mulai dari tingkat SD, SMP, hingga SMA/sederajat, yang berpartisipasi dalam kompetisi ini dengan semangat untuk meraih gelar terbaik bagi sekolah mereka.

Jumlah peserta mencapai angka yang mengesankan, dengan 5.611 pelajar yang mewakili 417 sekolah turut serta dalam kompetisi ini. Ini adalah peningkatan yang signifikan dari musim sebelumnya, yang melibatkan 4.324 peserta. Energen Champion SAC Indonesia 2022 West Java Qualifiers berhasil menggandeng 4.324 peserta.



Ketua Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Jawa Barat, Asep Sukmana, mengungkapkan kagumnya terhadap semangat luar biasa yang ditunjukkan oleh ribuan pelajar dalam kompetisi ini. Dia merasa bahwa kegiatan seperti Energen Champion SAC Indonesia dapat memunculkan generasi atlet yang kuat. Jawa Barat, yang telah melahirkan atlet-atlet atletik terkemuka seperti Eki Febri Ekawati dan Rikki M. Simbolon, memiliki potensi besar untuk mengembangkan olahraga atletik melalui kompetisi semacam ini.

Hari pertama babak kualifikasi Jawa Barat, yang dimulai pada tanggal 22 September, berlangsung meriah dan kompetitif. Terdapat 10 perlombaan untuk jenjang sekolah menengah pertama (SMP) dan satu perlombaan untuk jenjang sekolah dasar (SD). Salah satu perlombaan menarik adalah penyisihan middle distance (lari jarak menengah) 800 meter putri, di mana 78 peserta dari seluruh Jawa Barat bersaing untuk meraih 8 slot final. Hasil dari penyisihan ini didasarkan pada catatan waktu terbaik dari semua seri.

Energen Champion SAC Indonesia adalah hasil kerjasama antara PB PASI dan DBL Indonesia, didukung oleh Energen Champion dari Mayora. Pada musim sebelumnya, kompetisi ini berhasil menarik lebih dari 31 ribu pelajar dari lebih dari 2.000 sekolah di seluruh Indonesia. Harapannya, kompetisi ini akan terus menjadi wadah bagi anak-anak Indonesia untuk mempopulerkan olahraga atletik.

Kompetisi ini memiliki format bertingkat, dimulai dari babak regional qualifiers dan National Championship. Juara dari babak regional qualifiers di tingkat SMA/Sederajat akan bersaing di tingkat nasional dalam babak National Championship yang dijadwalkan akan digelar di Solo, Jawa Tengah, pada Januari 2024. Juara dari babak National Championship berhak mendapatkan tiket untuk mengikuti training camp di luar negeri.

Selain itu, berikut adalah beberapa hasil dari penyisihan pertama di beberapa nomor atletik:

Middle Distance 800 Meter SMP Putra:

Ahmad Ales Zhakaria (SMPN 3 Bogor) - 2 menit 15,08 detik
Dafa Dwi Wibowo (SMPN 3 Cibinong) - 2 menit 18,60 detik
Nashat Badul Kholik Zaenudin (SMPN 1 Cisarua) - 2 menit 21,53 detik
Akmal Yaqin (SMPN 9 Cimahi) - 2 menit 21,89 detik
Erlangga Suntana (SMPN 3 Cimahi) - 2 menit 24,13 detik
Daffa Ramdani (SMPN 2 Pangalengan) - 2 menit 24,77 detik
Fatih Farhan (SMP Al Irsyad Al Islamiyyah Cirebon) - 2 menit 25,09 detik
Ken'ichi Cahya Ramadhan (SMA Pasundan 9 Bandung) - 2 menit 26,38 detik
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1845 seconds (0.1#10.140)