Survei Litbang Kompas: Ganjar Pranowo Favorit di Pemilih Perempuan

Minggu, 24 September 2023 - 06:16 WIB
loading...
Survei Litbang Kompas: Ganjar Pranowo Favorit di Pemilih Perempuan
Sosok Bacapres yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo memiliki tingkat keterpilihan yang tinggi dari pemilih perempuan dibandingkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Foto/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Sosok Bakal Calon Presiden (Bacapres) yang didukung Partai Perindo, Ganjar Pranowo memiliki tingkat keterpilihan yang tinggi dari pemilih perempuan dibandingkan Prabowo Subianto dan Anies Baswedan. Hal itu berdasarkan survei Litbang Kompas pada Agustus 2023 ini.

Tren keterpilihan Ganjar Pranowo pada survei Agustus 2023 ini berada di angka 21,6%. Angka ini meningkat dari periode Mei 2023 pada survei yang sama yang saat itu mendapatkan angka 20,7%.



Sementara, sosok bacapres lainnya Prabowo Subianto harus berada pada posisi kedua yang menjadi favorit pemilih perempuan. Pada periode Agustus 2023 ini, Prabowo mendapatkan elektabilitas sebesar 20,7% di kalangan pemilih perempuan.

Adapun nama Anies Baswedan masih terpaut jauh dari kedua calon lainnya. Tingkat keterpilihan Anies pada pemilih perempuan dalam survei Litbang Kompas Agustus 2023 hanya mendapatkan angka 13,5%.

Litbang Kompas juga melakukan riset terhadap pertimbangan utama pemilih perempuan memilih pasangan calon presiden dan calon wakil presiden. Sebanyak 63% pemilih perempuan akan mempertimbangkan sosok baik itu capres dan cawapres yang disodorkan.

Sementara hanya 25,5% yang lebih mementingkan sosok calon presiden dan 2,9% mementingkan sosok calon wakil presiden.

Sebagai informasi, survei ini dilakukan melalui wawancara tatap muka yang diselenggarakan pada 27 Juli-7 Agustus 2023. Total terdapat 1.364 responden yang dipilih secara acak yang mengikuti survei ini.



Responden dipilih secara acak melalui metode pencuplikan sistematis bertingkat di 38 provinsi di Indonesia. Kepercayaan menggunakan metode ini mencapai 95% dengan margin of error penelitian kurang lebih 2,65%.
(kri)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1253 seconds (0.1#10.140)