Max Verstappen Juara F1 GP Jepang 2023, Red Bull Segel Gelar Konstruktor

Minggu, 24 September 2023 - 16:25 WIB
loading...
Max Verstappen Juara F1 GP Jepang 2023, Red Bull Segel Gelar Konstruktor
Max Verstappen Juara F1 GP Jepang 2023. Foto: REUTERS/Androniki Christodoulou
A A A
SUZUKA - Balapan utama F1 GP Jepang 2023 telah selesai di Sirkuit Suzuka, Minggu (24/9/2023) siang WIB. Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen, finis di posisi terdepan pada seri ke-16 musim ini.

Kemenangan Verstappen hari ini memastikan Red Bull mengamankan gelar konstruktor untuk musim ini. Mereka berhasil menjadi juara dua musim berturut-turut setelah pada 2022 lalu juga merebut gelar tersebut.



Duo McLaren, Lando Norris dan Oscar Piastri melengkapi podium pada F1 GP Jepang 2023. Norris finis di posisi kedua dengan selisih waktu 19 detik dari Verstappen, sedangkan Piastri akhirnya finis ketiga setelah menjalani balapan yang sengit.

Posisi keempat dan kelima ditempati oleh Charles Leclerc (Scuderia Ferrari) dan Lewis Hamilton (Mercedes). Carlos Sainz (Scuderia Ferrari) dan George Russell (Mercedes) mengekor di belakang keduanya.

Jalannya balapan dimulai dengan sedikit kekacauan di tikungan 1 di mana terjadi sentuhan antara Sergio Perez dan Lewis Hamilton. Di belakang mereka, Esteban Ocon, Valtteri Bottas, dan Alex Albon juga terlibat dalam insiden tersebut.

Perez harus masuk ke pit lebih awal akibat insiden tersebut. Dia harus mengganti bagian depan mobilnya untuk bisa melanjutkan balapan.

Max Verstappen yang memulai balapan dari posisi terdepan mampu menjaga keunggulannya tanpa kesulitan yang berarti. Sementara itu, rekan setimnya, Perez, mengalami kesulitan pada balapan kali ini dimulai dengan mendapatkan penalti lima detik, mengganti bagian depan mobilnya untuk kedua kalinya, hingga akhirnya harus menyerah lebih awal saat balapan belum mencapai 20 putaran.

Lando Norris sempat memimpin balapan saat Verstappen masuk ke pit, tetapi Verstappen dengan cepat merebut kembali posisinya. Pada lap ke-31, Verstappen memperlebar jarak keunggulannya menjadi 14 detik dari pembalap di belakangnya.

Lima besar pada lap ke-41 adalah Verstappen, Norris, Russell, Piastri, dan Leclerc. Namun, urutan ini tidak berlangsung lama karena Piastri berhasil menyalip Russell dan merebut posisi ketiga.

Bukan hanya Piastri, Leclerc juga berhasil memperbaiki posisinya menuju posisi keempat. Dia melakukan manuver cerdik di tikungan 1 yang membuat Russell harus menerima posisi kelima pada akhir balapan.

Hingga akhir balapan, Verstappen berhasil mempertahankan posisinya dan finis sebagai yang tercepat. Norris dan Piastri melengkapi podium pada balapan utama siang hari ini.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1881 seconds (0.1#10.140)