Tim Dayung Indonesia Gagal Tambah Medali di Asian Games 2023, CdM Basuki: Belum Beruntung

Selasa, 26 September 2023 - 22:03 WIB
loading...
Tim Dayung Indonesia Gagal Tambah Medali di Asian Games 2023, CdM Basuki: Belum Beruntung
Tim Dayung Indonesia. Foto: NOC Indonesia / Hendri Rahman
A A A
HANGZHOU - Tim dayung Indonesia gagal menambah perolehan medali untuk Merah Putih di Asian Games 2022 hari ini. Chef de Mission (CdM) yang juga merupakan Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Olahraga Dayung Seluruh Indonesia (PB PODSI), Basuki Hadimuljono, mengatakan bahwa para atlet belum beruntung.

Terdapat tiga nomor final yang diikuti Tim dayung Indonesia pada hari ini (25/9/2023) di Fuyang Water Sports Center, Hangzhou, China, yakni Men’s Four, Women’s Quadruple Sculls dan Men’s Quadruple Sculls.



Namun, sayangnya tak ada satu pun medali yang mampu ditambahkan dari tiga nomor yang dipertandingkan pada hari ini. Menurut Basuki, para atlet belum beruntung karena perbedaan waktu yang hanya tipis.

“Hari ini kita belum beruntung, dan bedanya hanya ada yang 0,2 ada yang 2 detik (dengan peraih perunggu). Tadi kami ngobrol-ngobrol mungkin fisik yang harus dievaluasi. Kalau kita lihat China tinggi badan atletnya 185 cm, 190 cm. Kami perlu training fisiknya dikuatkan lagi,” kata Basuki, Senin (25/9/2023).

Lebih lanjut, Budiman Setiawan selaku Sekjen PB PODSI menambahkan hasil di tiga nomor perlombaan ini belum sesuai target.

“Targetnya kita sebetulnya antara perak atau perunggu. Tapi anak-anak sudah optimal, tadi sudah baik,” ucap Budiman.

Di nomor Mens’s Four yang diperkuat pedayung Ferdiansyah, Denri Maulidzar Alghifari, Ardi Isadi dan Asihan Pattiha, Tim Indonesia finis di urutan kelima dengan catatan waktu 6 menit 17,55 detik atau selisih 12,59 detik dari pedayung Uzbekistan yang meraih medali emas.

Mutiara Rahma Putri, Nurtang/Chelsea Corputty dan Julianti yang turun di nomor Women’s Quadruple Sculls juga harus mengakui keunggulan tuan rumah China yang berhasil finis tercepat dengan catatan 6 menit 42,84 detik disusul Iran di urutan kedua dengan selisih 8,98 detik dan Vietnam di urutan ketiga dengan catatan waktu 6 menit 54,84 detik.

Sedangkan keempat pedayung Indonesia finis di urutan keempat dengan catatan waktu 6 menit 56,50 detik atau selisih 13,66 detik dari Vietnam yang berhak atas perunggu.

Sementara itu, dari nomor Men’s Quadruple Sculls, Tim Merah Putih juga finis di urutan keempat lewat catatan waktu 6 menit, 09,75 detik. Catatan waktu tersebut selisih 7,10 detik dari wakil China yang berhak atas medali emas dengan catatan waktu 6 menit, 02,65 detik, disusul Uzbekistan di urutan kedua (1,99 detik) dan India (5,96 detik).

Sebelumnya, rowing menjadi cabang olahraga yang menyumbangkan medali pertama buat Tim Indonesia di Asian Games 2022 Hangzhou. Total tiga perunggu sudah diraih tim rowing Indonesia.

Dari nomor lightweight women double sculls, pedayung Merah Putih Chelsea Corputty dan Mutiara Rahma Putri berhasil meraih medali perunggu usai mencatatkan waktu 7 menit 17,64 detik, Minggu (24/9). Perunggu juga diperoleh dari nomor Men’s Double Sculls atas nama Irham dan Memo dengan catatan waktu 6 menit 27,83 detik serta nomor Men’s Eight melalui Asihan Pattiha, Rifqi Harits Taufiqurahman, Kakan Kusmana, Sulpianto, Rendi Setia Maulana, Ferdiasyah, Denri Maulidzar Alghifari dan Ardi Isardi yang mencatatkan waktu 5 menit 45,51 detik.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1940 seconds (0.1#10.140)