Kejuaraan Tarkam Belitung Timur: Bupati Burhanudin Siap Dukung Program Kemenpora

Selasa, 26 September 2023 - 13:24 WIB
loading...
Kejuaraan Tarkam Belitung Timur: Bupati Burhanudin Siap Dukung Program Kemenpora
Kejuaraan Tarkam Belitung Timur: Bupati Burhanudin Siap Dukung Program Kemenpora
A A A
BELITUNG TIMUR - Kejuaraan Antar Kampung (Tarkam) Kemenpora 2023 terus berlangsung di sejumlah pelosok Tanah Air. Terbaru, program andalan Menpora Dito Ariotedjo ini diadakan di Kabupaten Belitung Timur.

Upacara pembukaan digelar di Halaman Parkir Stadion Utama Rimba Plawan, Selasa, 26 September 2023. Hampir seribu orang memeriahkan acara ini.

Sebelum pembukaan, kegiatan Kejuaraan Tarkam diawali dengan Senam Kebugaran Jasmani 2021 yang dipimpin oleh Istruktur Ani Kusuma Ningrum dari Jakarta dan Senam Bedincak (Senam/Tarian Khas Provinsi Bangka Belitung) yang dipimpin oleh Rahayu Marisa.



Senam diikuti oleh Atlet Kejuaraan Antarkampung dan masyarakat serta panitia dan undangan sekitar 500 orang kemudian dilanjutkan dengan Penampilan Marching Band dari MTSN 1 Belitung Timur.

Bupati Belitung Timur, Burhanudin, dalam sambutannya menyatakan bahwa Kejuaraan Tarkam ini sejalan dengan visi dan misi Kabupaten Belitung Timur yang selalu mendukung pembangunan olahraga sebagai salah satu upaya memajukan kualitas hidup dan pemenuhan kebutuhan dasar masyarakat.

"Melalui kejuaraan ini kita memiliki peluang untuk merayakan semangat olahraga yang menjadi salah satu identitas kita sebagai bangsa Indonesia. Olahraga bukan hanya tentang fisik dan prestasi tetapi juga tentang persatuan, kerjasama dan semangat juang yang kuat," kata Burhanudin.
Kejuaraan Tarkam Belitung Timur: Bupati Burhanudin Siap Dukung Program Kemenpora

"Ia yakin kejuaraan ini akan menjadi ajang yang memupuk rasa persatuan dan mempererat tali persaudaraan antar kampung seluruh Indonesia, khususnya di Belitung Timur," sambungnya.

Burhanudin menilai kejuaraan Tarkam merupakan upaya strategis dalam pembudayaan olahraga di masyarakat yang dimulai dari tingkat kabupaten dengan memperhatikan unsur-unsur 5M (murah, meriah, menarik, massal, dan manfaat).

Lebih lanjut, menurutnya, Kejuaraan Tarkam bukan hanya ajang pertandingan, melainkan juga sebuah sarana untuk menggali dan menjaring bibit-bibit atlet berprestasi yang akan mewakili daerah, provinsi, bahkan negara kita di kancah internasional.

"Saat ini olahraga bukan hanya menjadi sumber hiburan, tetapi juga sebuah alat untuk memupuk semangat persatuan dan kebersamaan di tengah masyarakat," ucapnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1181 seconds (0.1#10.140)