Sudah Setahun Tak Juara Seri, Rossi Berharap Tuah MotoGP Catalunya

Selasa, 06 Juni 2017 - 19:00 WIB
Sudah Setahun Tak Juara Seri, Rossi Berharap Tuah MotoGP Catalunya
Sudah Setahun Tak Juara Seri, Rossi Berharap Tuah MotoGP Catalunya
A A A
CATALUNYA - Senin (5/6/2017) merupakan hari kurang oke buat Valentino Rossi. Ya, karena tepat pada tanggal tersebut, The Doctor merayakan puasa kemenangan seri selama setahun terakhir di MotoGP.

Seperti diketahui, kemenangan seri terakhir yang diraih oleh Rossi adalah di MotoGP Catalunya 2016. Waktu itu ia sukses mengasapi Marc Marquez (Repsol Honda) yang akhirnya muncul sebagai juara dunia.

Karena itu, Rossi pun berharap dengan tuah MotoGP Catalunya 2017 yang akan berlangsung Jumat-Minggu (9-11 Juni) ini. Tapi apakah kondisi kebugarannya sudah prima setelah melalui MotoGP Italia di sirkuit Mugello akhir pekan lalu dengan kepayahan?
Valentino Rossi (kiri) di awal lomba MotoGP Italia 2017 sirkuit Mugello. (Foto-LAT Images)
Kondisi fisik yang tak prima menghambat performa The Doctor di MotoGP Italia 2017, Minggu (4/6). Selepas start, pembalap Italia itu memang tampil begitu menjanjikan. Langsung memimpin di depan, dan bahkan lalu berduel melawan mantan rekan setimnya, Jorge Lorenzo.

Namun pada Lap 5, Rossi kehilangan posisi pertama usai disalip Maverick Vinales. Satu lap berikutnya, ia turun di posisi ketiga. Kali ini karena disalip Andrea Dovizioso. Rossi masih terus bertahan pada tiga besar, setidaknya hingga memasuki pertengahan balapan. Danilo Petrucci kemudian menyalip pembalap Yamaha itu di tikungan 15 pada akhir lap 14.

Praktis sejak saat itulah, Rossi bertahan lama di posisinya dan akhirnya harus puas finis keempat. Usai balapan, pembalap berusia 38 tahun itu tak memungkiri kondisi fisik yang masih cedera menghambat performanya di Mugello.

Ditanya apakah merasa kesal karena kehilangan podium dari Danillo Petrucci, Rossi pun menjawab: “Saya minta maaf karena gagal naik podium, tapi Petrucci tidak bersalah. Karena dia teman saya dan dia balapan dengan hebat.”

“Saya tidak memikirkan tentang tiga pembalap Italia (di podium), tapi saya mengaku, bahwa saya berharap menjadi salah satunya. Bagi Italia, itu adalah hari yang hebat. Tiga pembalap Italia memenangi balapan (Andrea Migno, Mattia Pasini dan Dovizioso). Mungkin pesta akan lengkap jika saya juga naik podium,” kata Rossi menyesali lomba MotoGP Italia 2017 seperti ditulis Motorsport.

Bagaimana dengan akhir pekan ini, seri ketujuh MotoGP akan dihelat di Sirkuit Catalunya, Barcelona. Musim lalu, Rossi berhasil keluar sebagai juara usai menaklukkan Marc Marquez.

“Motor bekerja baik, saya selalu cepat dari Sabtu pagi. Tapi di Barcelona akan berbeda, karena kami akan menghadapi trek yang memiliki sedikit grip. Tapi itu trek yang saya sukai. Jadi, kami akan mencobanya,” beber Rossi.

“Secara fisik, akan lebih baik jika saya punya waktu lebih untuk beristirahat. Tapi jika saya melanjutkan proses pemulihan, saya akan baik-baik saja,” tegas pembalap 38 tahun yang kini menempati peringkat ketiga dengan koleksi 75 poin di klasemen sementara itu.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.7827 seconds (0.1#10.140)