Hasil Memuaskan Pasca Pensiun, Kubica Ditawari Tes F1 Lagi

Rabu, 07 Juni 2017 - 16:06 WIB
Hasil Memuaskan Pasca Pensiun, Kubica Ditawari Tes F1 Lagi
Hasil Memuaskan Pasca Pensiun, Kubica Ditawari Tes F1 Lagi
A A A
VALENCIA - Mantan pembalap F1 dari tim BMW Sauber dan Renault, Robert Kubica, untuk pertama kalinya kembali tampil di kokpit mobil Formula 1 sejak 2011. Ia menuntaskan 115 lap bersama tim Renault di Sirkuit Valencia, Spanyol, Selasa (6/6/2017).

Ya, Kubica mengitari Sirkuit Valencia sebanyak 115 lap, setara dengan total jarak yang ditempuh dalam satu setengah balapan, mengendarai Lotus E20 dari musim 2012 yang menggunakan tampilan Renault musim ini.
Robert Kubica dalam tes F1 Renault di sirkuit Valencia. (Foto-Motorsport)
Mobil yang Kubica kendarai di Valencia, menghantarkan Kimi Raikkonen meraih kemenangan di F1 GP Abu Dhabi pada musim 2012. Dalam sesi tes ini, Kubica menjalankan program simulasi balapan dengan bahan bakar penuh kemudian simulasi kualifikasi dan juga latihan start.

Setelah pengujian Valencia yang dinilai sukses. Motorsport.com mendapat kabar jika ada kemungkinan Kubica akan kembali mengikuti sesi tes bersama tim F1 Renault.
Mobil reli yang digeber Robert Kubica pasca mengalami kecelakaan di Italia 2011. (Foto-Fox Sports)
Perlu diketahui, pembalap berusia 32 tahun tersebut harus pensiun dari F1 saat sedang menjalani musim keduanya bersama tim Lotus-Renault di tahun 2011. Ia mengalami cedera parah pada lengannya karena mengalami kecelakaan saat mengikuit reli di Italia saat sesi tes musim dingin F1.

Setelah pulih dari cedera tersebut Kubica kembali berkompetisi, namun dalam kategori reli dan memenangkan titel juara kelas WRC2 di 2013 dan meraih posisi pertama di seri pembuka ERC 2014.

Setelah mundur dari reli dunia (WRC) musim lalu, ia kembali membalap di sirkuit dalam ajang balap Renault Sport Trophy dan juga berencana mengikuti ajang balap ketahanan terpopuler di dunia, yaitu World Endurance Championship musim ini bersama tim ByKolles di kelas LMP1, namun memilih mundur jelang seri pertama.

Selain menguji coba mobil F1, tahun ini Kubica juga melakukan tes menggunakan mobil GP3, Formula E dan juga mobil WEC kelas LMP2.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4830 seconds (0.1#10.140)