alexa snippet

Jelang MotoGP Assen 2017

Mau Habis-habisan di MotoGP Assen, Yamaha Beri Rossi YZR-M1 2.0

Mau Habis-habisan di MotoGP Assen, Yamaha Beri Rossi YZR-M1 2.0
Valentino Rossi (Yamaha Factory Racing) dalam tes di sirkuit Catalunya Senin 12 Juni 2017. (Foto/Gigi Soldano)
A+ A-
ASSEN - Hitung mundur menuju seri ke-8 musim ini, MotoGP Assen 2017, Belanda telah dimulai. Setiap pembalap dan tim peserta kelas bergengsi sudah harus siap beraksi di lintasan The Cathedral of Speed pada Jumat-Minggu (23-25 Juni) ini.

Karena tidak ada tim yang melakoni tes di sirkuit Assen pada tahun ini. Maka akhir pekan lomba MotoGP Assen, diprediksi bakal terjadi persaingan sengit untuk berebut podium juara, artinya kans setiap pembalap lebih terbuka ketimbang beberapa seri sebelumnya.

Karena seperti diketahui, salah satu faktor pendukung kemenangan Honda dan finis podium Jorge Lorenzo bersama Ducati di MotoGP Jerez adalah karena mereka telah melakukan tes di sana sebelumnya.

Juga ketika Yamaha mendominasi MotoGP Prancis di sirkuit Le Mans. Lalu diikuti Ducati mengasapi Yamaha serta Honda di MotoGP Mugello, diteruskan dengan kemenangan Ducati atas Honda di MotoGP Catalunya.

Khusus bagi tim Yamaha Factory Racing yang meraih hasil terburuknya pada musim ini di MotoGP Catalunya 2017. Yaitu ketika Valentino Rossi finis ke-8 dan Maverick Vinales menyelesaikan lomba di urutan ke-10. MotoGP Assen diyakini bakal jadi kebangkitan tim asal Iwata, Jepang tersebut.
Fairing baru motor Yamaha YZR-M1 2017 yang dijajal Maverick Vinales dan Valentino Rossi di tes Catalunya Senin 12 Juni 2017. (Foto-GPOne)
Mengapa prediksinya begitu? Karena seperti diketahui, Yamaha membawa banyak update baru ke tes MotoGP pasca lomba Catalunya. Mulai dari dua sasis hingga fairing baru dijajal oleh Rossi dan Vinales.

Itu semua merupakan kerja keras Yamaha buat memenuhi permintaan The Doctor yang sejak tes pasca musim 2016 di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, selalu mengeluh dengan performa YZR-M1 spesifikasi 2017 yang ia katakan sering mengalami understeer, tak mau membelok seperti seharusnya, dan lebih menyiksa ban ketimbang motor musim lalu.

“Kami telah melakukan pekerjaan dengan baik, motornya kini lebih mudah dikendarai, lebih presisi, saya lebih menyukainya. Namun kami masih bermasalah dengan daya cengkeram, dan belum bisa mengatasinya,” ujar Rossi setelah hari pertama tes Catalunya seperti dilaporkan GPOne.

Namun sejauh ini tim Garputala masih merahasiakan komentar Rossi terkait fairing baru YZR-M1 2017. Tuttomotoriweb menduga, Yamaha bakal habis-habisan mulai di MotoGP Assen. Karena pasca pengujian Catalunya, mereka akan menggeber kekuatan motor versi update YZR-M1 2017 2.0.

“Setelah evolusi ini, Yamaha akan mulai mengerjakan sasis untuk motor tahun depan. Karena itu tidak akan ada banyak berita lagi, hanya mungkin ada banyak hal kecil yang bisa membantu kami. Namun begitu, kami harus berusaha memecahkan masalah yang ada pada motor ini sesegera mungkin,” beber Valentino Rossi.
(sbn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top