Biodata dan Agama Orang Tua Muhammad Ali: Cassius Clay Sr dan Odessa Clay

Senin, 02 Oktober 2023 - 19:47 WIB
loading...
Biodata dan Agama Orang Tua Muhammad Ali: Cassius Clay Sr dan Odessa Clay
Biodata dan Agama Orang Tua Muhammad Ali: Cassius Clay Sr dan Odessa Clay
A A A
JAKARTA - Biodata dan agama orang tua Muhammad Ali yakni Cassius Clay Sr. dan Odessa Clay menarik untuk dicermati. Pasangan itu melahirkan salah satu petinju yang dianggap terbaik sepanjang sejarah olahraga.

Muhammad Ali, yang lahir dengan nama asli Cassius Marcellus Clay Jr. pada tanggal 17 Januari 1942 di Louisville, Kentucky, adalah salah satu petinju paling terkenal dan dihormati sepanjang masa. Namun, di balik kesuksesannya sebagai atlet yang luar biasa, terdapat peran penting dari orang tua Muhammad Ali yang membentuk dan mendukungnya selama perjalanan hidupnya.

Biodata dan Agama Orang Tua Muhammad Ali
Biodata dan Agama Orang Tua Muhammad Ali: Cassius Clay Sr dan Odessa Clay

Ayah Muhammad Ali bernama Cassius Marcellus Clay Sr, yang merupakan seorang pematung dan muralis terkenal. Ia lahir pada tahun 1912 di Jefferson County, Kentucky, dan namanya diambil dari nama seorang tokoh abolisionis Partai Republik abad ke-19 untuk menghormati jasa tokoh tersebut. Selain sebagai seorang pematung dan muralis, Cassius Marcellus Clay Sr. juga memiliki bakat sebagai seorang pianis yang juga pandai menari.

Kemudian, sekitar tahun 1933, Cassius Marcellus Clay Sr. menikah dengan seorang wanita bernama Odessa Lee O’Grady. Odessa Grady Clay adalah ibu Muhammad Ali yang lahir pada tahun 1917 di Hopkins County, Kentucky. Ia adalah seorang ibu rumah tangga yang peduli dan penuh kasih kepada anak-anaknya. Ia memberikan dukungan emosional yang sangat besar kepada Muhammad Ali selama masa kecil dan karirnya sebagai petinju.

Odessa Grady Clay bertemu dengan Cassius Marcellus Clay ketika usianya masih sangat muda, yaitu 16 tahun. Keduanya terpaut usia empat tahun, dan setelah menikah, mereka tinggal di Louisville, Kentucky, dan dikaruniai dua orang anak bernama Muhammad Ali dan Rahman Ali.

Sejauh ini belum ada informasi yang menjelaskan agama dari Cassius Marcellus Clay dan Odessa Grady Clay. Namun, diketahui bahwa kedua putranya memilih untuk memeluk agama Islam dan mengganti nama lahir mereka.

Ayah Muhammad Ali meninggal di usia 77 tahun pada tahun 1990 karena serangan jantung mendadak, sementara ibunya, Odessa Grady Clay, meninggal pada tahun 1994 dalam usia 77 tahun.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1916 seconds (0.1#10.140)