Menyoal Pemain yang Bakal Dinaturalisasi, PSSI Sesuaikan Kriteria Shin Tae-yong

Selasa, 03 Oktober 2023 - 09:06 WIB
loading...
Menyoal Pemain yang Bakal Dinaturalisasi, PSSI Sesuaikan Kriteria Shin Tae-yong
Jay Idzes menjadi salah satu pemain yang bakal dinaturalisasi Timnas Indonesia dalam waktu dekat. Saat ini, pemain Venezia tersebut masih harus melewati tahapan-tahapan yang ada sebelum akhirnya disumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI) / Foto: Instag
A A A
JAKARTA - PSSI kembali menegaskan bahwa kriteria mengenai pemain yang bakal dinaturalisasi akan disesuaikan dengan keinginan Shin Tae-yong . Penegasan ini diungkapkan Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga .

Arya menuturkan PSSI tidak asal mencari pemain untuk dinaturalisasi. Pihaknya, tambah dia, baru bergerak melakukan proses naturalisasi pemain Timnas Indonesia sesuai dengan permintaan Shin Tae-yong.

"Semuanya harus tanya juga ke pelatih, kalau pelatih tidak butuh, apapun yang diusulkan orang, kami susah untuk prosesnya. Karena sesuai dengan kebutuhan, siapa yang mau dinaturalisasi," kata Arya, Selasa (3/10/2023).



Ditambahkan Arya, semua kebutuhan skuad Timnas Indonesia akan didiskusikan terlebih dahulu dengan pelatih Shin Tae-yong. Menurutnya, dia tentunya paham apa yang dibutuhkan.

Isu pemain yang bakal dinaturalisasi Timnas Indonesia kembali ramai diperbincangkan setelah muncul kabar bahwa PSSI tengah melakukan tahapan-tahapan proses naturalisasi Jay Idzes. Sejauh ini pemain Venezia tersebut masih harus melewati tahapan-tahapan yang ada sebelum akhirnya disumpah menjadi Warga Negara Indonesia (WNI).

Arya menegaskan bahwa proses naturalisasi Idzes sudah sesuai dengan apa yang diinginkan oleh Shin Tae-yong. "Biasanya pelatih sudah survei (pemain yang ingin dinaturalisasi). Dari survey baru kita jalan. Jadi yang sekarang kami kerjakan ini adalah yang memang disepakati oleh pelatih, dalam hal ini untuk timnas adalah Shin Tae-yong," tutur Arya.



Jika proses naturalisasi Idzes rampung dalam waktu dekat, dia kemungkinan bisa membela Timnas Indonesia di Piala Asia 2023. Piala Asia 2023 dijadwalkan berlangsung di Qatar pada 12 Januari hingga 10 Februari 2024 mendatang. Di ajang tersebut, Timnas Indonesia tergabung di Grup D bersama Irak, Jepang, dan Vietnam.

(yov)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1067 seconds (0.1#10.140)