Sejarah Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Pertama Indonesia yang Lolos ke Olimpiade Paris 2024

Selasa, 03 Oktober 2023 - 12:02 WIB
loading...
Sejarah Rifda Irfanaluthfi, Pesenam Pertama Indonesia yang Lolos ke Olimpiade Paris 2024
Atlet senam artistik Indonesia, Rifda Irfanaluthfi sukses merebut tiket ke Olimpiade Paris 2024. / Foto: Instagram @rifda_irfanaluthfi
A A A
ANTWERP - Atlet senam artistik Indonesia, Rifda Irfanaluthfi sukses merebut tiket ke Olimpiade Paris 2024. Dia mencetak sejarah dengan menjadi pesenam Indonesia pertama yang akan tampil di pesta olahraga terakbar di dunia tersebut.

Pesenam 23 tahun itu dipastikan akan tampil di Olimpiade Paris 2024 setelah mendapatkan kuota realokasi dari tuan rumah. Dengan begitu, dirinya menjadi atlet ketiga yang lolos ke ajang internasional itu.

"Realokasi kuota dari negara tuan rumah membuat Rifda Irfanaluthfi (Indonesia) mengamankan tempat (di Olimpiade 2024)," tulis keterangan di laman Olympics, Selasa (3/10/2023).



Rifda sendiri memutuskan absen dari ajang Asian Games 2023. Pasalnya, jadwal ajang tersebut dan Kejuaraan Dunia Senam Artistik bentrok atau berlangsung bersamaan.

Oleh karenanya, atlet kelahiran 16 Oktober 1999 itu memilih berangkat ke Antwerp, Belgia, untuk mengikuti kejuaraan dunia dan meninggalkan Asian Games. Keputusan itu tampaknya berbuah manis, karena berkat keikutsertaannya di ajang itu, dirinya sukses mengamankan tempat di Olimpiade 2024 dan mencetak sejarah.



Keberhasilan Rifda lolos ke Olimpiade membuat masyarakat Indonesia bangga. Rekan pesenam Tanah Air lainnya pun, yakni Ammera Rahmajanni Hariadi turut berbahagia.

"Penantian sekian lama. Akhirnya setelah kerja keras yang dilakukan kamu berhasil kak. Sangat bangga, pencetak sejarah," tulis Ammera di akun Instagram pribadinya @ameeraaraa, Selasa (3/10/2023).



Selain Rifda, ada 14 pesenam dunia lainnya yang mengamankan kuota individu. Mereka antara lain Kaylia Nemour (Aljazair), Pauline Schäfer (Jerman), Alexa Moreno (Meksiko), Filipa Martins (Portugal), Aleah Finnegan (Filipina), Lili Czifra (Hungaria), Alba Petisco (Spanyol), Anna Lashchevksa (Ukraina), Lena Bickel (Swiss), Hillary Heron (Panama), Caitlin Rooskrantz (Afrika Selatan), Sona Artamonova (Ceko), Lihie Raz (Israel) and Lucija Hribar (Slovenia).
(nug)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1828 seconds (0.1#10.140)