Chili Crab Jadi Hidangan Kepiting Terenak, Makanan Kaki Lima yang Dianggap Menu Nasional Singapura

Selasa, 03 Oktober 2023 - 14:30 WIB
loading...
Chili Crab Jadi Hidangan Kepiting Terenak, Makanan Kaki Lima yang Dianggap Menu Nasional Singapura
Tasteatlas merilis 10 hidangan kepiting terbaik. Hasilnya, Chili Crab menjadi hidangan kepiting terenak. Foto/ visitsingapore.
A A A
JAKARTA - Tasteatlas merilis 10 hidangan kepiting terbaik atau Best Crab Dishes pada Senin, 2 Oktober 2023. Hasilnya, Chili Crab menjadi hidangan kepiting terenak.

Dari 10 daftar negara yang ada, Chili Crab dari Singapura berada di posisi pertama dengan perolehan poin 4.4, mengalahkan Maryland Crab Cakes dari negara tetangganya, Malaysia.

Tak hanya Chili Crab, Negeri Singa ini punya menu lain yang masuk dalam 10 besar, yaitu Black Pepper Crab yang berada di urutan ke lima dengan poin 4.2 mengungguli Amerika, Thailand dan Chile.



Menjadi makanan kepiting terenak versi Tasteatlas, lalu apakah itu Chili Crab?

Dikutip dari berbagai sumber, Senin (2/10/2023), daging kepiting ini sangatlah lezat, kemudian ditambah saus bercita rasa manis, gurih dan kaya rempah seperti kebanyakkan hidangan Asia lainnya.

Chili crab mulanya adalah makanan kaki lima dan menjadi sangat populer yang kini dianggap sebagai hidangan nasional Singapura.

Chili crab berawal dari sebuah anekdot yang terkenal. Ditemukan pada 1950-an oleh Cher Yam Tian, yang ingin memodifikasi resep kepiting tumisnya dengan menambahkan saus cabai botolan ke dalam masakannya hingga pada akhirnya mereka membuat restoran yang bernama Palm Beach.

Hasilnya ternyata sangat lezat sehingga keluarganya membujuk Tian untuk mulai menjual hidangan tersebut, sehingga Chili Crab pun mulai menjadi hidangan khas Singapura.

Hooi Kok Wah, koki terkenal yang membuka restoran Dragon Phoenix pada 1963, menciptakan versi hidangan yang lebih asam—menggunakan sambal, pasta tomat, dan telur untuk memasak kuahnya, bukan saus cabai dan tomat dalam kemasan. Sejak saat itu, versi ini menjadi versi yang paling umum disajikan di Singapura.



Hidangan ini disajikan dan banyak dijumpai hampir di seluruh restoran seafood yang ada di Singapura. Kepiting disajikan dalam cangkang, yang menjadikannya sebagai pengalaman unik.

Tak hanya menikmati daging kepitingnya saja, kamu bisa mencelupkan roti goreng yang biasa disebut mantou pada bumbu chili crab. Dimana mantou akan menyerap bumbu saus ini dan memberikan perpaduan lezat antara tomat dan pasta cabai yang dikentalkan dengan telur kocok.
(tdy)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2799 seconds (0.1#10.140)