Hebh Jamal: Sekularisme Prancis Berubah Menjadi Sistem Aliran Sesat yang Buruk

Selasa, 03 Oktober 2023 - 15:14 WIB
loading...
Hebh Jamal: Sekularisme Prancis Berubah Menjadi Sistem Aliran Sesat yang Buruk
Hebh Jamal. Foto/Ilustrasi: Ist
A A A
Aktivis dan advokat yang melawan kesenjangan pendidikan, Islamofobia dan pendudukan Palestina , Hebh Jamal, menilai komitmen Prancis terhadap sekularisme, yang didefinisikan sebagai kebebasan dari pengaruh agama, telah berubah menjadi sistem aliran sesat yang buruk.

"Konsep awal pemisahan gereja dan negara untuk menjamin kebebasan berpikir dan mencegah pemaksaan dogmatisme agama tidak lagi menjadi pendorong tindakan resmi," tulis Hebh Jamal dalam aritikelnya berjudul "The French government wants to ‘save’ Muslim women by controlling them" yang dilansir Aljazeera, 2 Oktober 2023.

Sebaliknya, kata Hebh Jamal lagi, sekularisme diinstrumentasikan untuk membangun kendali penuh atas kelompok agama minoritas dan semakin mendorong mereka ke pinggiran masyarakat karena mereka tidak mempunyai kekuasaan sosial atau politik. Tidak ada kelompok agama lain di Perancis yang menjadi sasaran seperti komunitas Muslim.

Hebh Jamal diprofilkan di banyak platform seperti NYTimes, TeenVogue, film dokumenter Netflix, Teach Us All, dan banyak lagi. Saat ini Hebh adalah senior di City College of NY. Dia bekerja di NYU Metro Center sebagai rekan kebijakan pemuda sambil terus mengatasi segregasi sekolah. Dia juga presiden Mahasiswa Keadilan di Palestina di kampusnya.



Larangan Abaya

Pada tanggal 8 September, pengadilan administratif tertinggi Prancis menguatkan larangan pemerintah terhadap abaya di sekolah umum. Pemerintah telah mengumumkan tindakan tersebut pada bulan Agustus, mengklaim bahwa tindakan tersebut melanggar aturan sekularisme dalam pendidikan.

Senin berikutnya, hampir 300 anak perempuan datang ke sekolah dengan mengenakan abaya; sekitar 67 dari mereka yang menolak untuk berubah dipulangkan.

Larangan ini merupakan bagian dari serangkaian tindakan yang dilakukan oleh pemerintah Prancis dalam beberapa tahun terakhir, yang menargetkan minoritas Muslim dengan dalih melindungi sekularisme – atau laïcité. Cara berpakaian wanita Muslim telah menjadi obsesi khusus pihak berwenang.

Pada tahun 2004, negara tersebut melarang hijab di sekolah-sekolah negeri. Kemudian pada tahun 2010, pemerintah mengeluarkan larangan penggunaan cadar di tempat umum. Sejak tahun 2016, berbagai kota telah memberlakukan larangan mengenakan pakaian renang “burkini” yang menutupi seluruh tubuh di kolam renang umum.



Pada bulan November 2022, Menteri Pendidikan Nasional saat itu, Pap Ndiaye, memperkenalkan rencana Laïcité yang bertujuan untuk mencegah siswa mengenakan pakaian sopan – atau yang dianggap “berafiliasi dengan agama” – di sekolah umum Prancis dengan “memperkuat pengawasan manusia”, yaitu mengawasi mereka.

Rencana tersebut menginstruksikan staf sekolah untuk mengejar siswa yang mengenakan rok panjang dan pakaian lengan panjang untuk melaporkan mereka dan memberikan sanksi atas perilaku mereka jika mereka menolak untuk berubah.

Menurut Hebh Jamal, tindakan disipliner ini, termasuk menghentikan pendidikan mereka dengan melarang akses siswa ke sekolah sampai mereka memahami melalui dialog bahwa “perilaku mereka merugikan sekularisme dan nilai-nilai Republik”.

"komitmen Prancis terhadap sekularisme, yang didefinisikan sebagai kebebasan dari pengaruh agama, telah berubah menjadi sistem aliran sesat yang buruk," ujarnya.

Pejabat pemerintah Prancis secara rutin menuduh mereka melakukan apa yang mereka sebut “separatisme Islam” – gagasan bahwa umat Islam memusuhi bangsa Prancis secara keseluruhan dan tidak ingin menjadi bagian dari negara tersebut.



Pada tahun 2021, pemerintah meluncurkan undang-undang yang bertujuan untuk memerangi “separatisme” ini, dengan memperluas larangan terhadap simbol-simbol agama, mempermudah penutupan tempat-tempat ibadah dan melakukan tindakan terhadap organisasi-organisasi sipil Muslim.

Meskipun pihak berwenang Prancis telah melancarkan serangan sistematis terhadap seluruh komunitas, perempuan dan anak perempuan Muslimlah yang menanggung beban terbesar dari obsesi pemerintah Prancis dalam mengontrol tubuh mereka.

"Tidak masalah jika rok atau gaun itu mempunyai makna keagamaan. Jika tubuh perempuan muslimah yang memakainya, otomatis menjadi bahaya bagi nilai-nilai sekuler Prancis. Besok, jika bahan tertentu, T-shirt, atau bahkan model sepatu tertentu mendapatkan popularitas di kalangan wanita Muslim, Prancis akan mencari cara untuk melarangnya," sindir Hebh Jamal.

Tindakan kepolisian dan membuka pakaian terhadap perempuan Muslim adalah hal yang dibenarkan, dengan narasi dominan bahwa laki-laki Muslim memaksa anak dan istri Muslim untuk mengenakan pakaian Islami. Citra perempuan atau anak Muslim yang tidak berdaya dan membutuhkan pembebasan adalah salah satu pendorong kebijakan ini. Tentu saja, pernyataan bahwa mereka sendiri bersifat memaksa, dibantah dengan kejam.

(mhy)
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2369 seconds (0.1#10.140)