Tontowi/Liliyana Terpaksa Batasi Penampilan

Sabtu, 24 Juni 2017 - 20:59 WIB
Tontowi/Liliyana Terpaksa Batasi Penampilan
Tontowi/Liliyana Terpaksa Batasi Penampilan
A A A
JAKARTA - Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir akan lebih selektif memilih turnamen. Salah satu pasangan terbaik yang dimiliki Indonesia ini terpaksa membatasi penampilannya karena harus menjaga kondisi fisik yang tidak lagi muda.

Di Indonesia Open 2017, Tontowi/Liliyana sebenarnya tidak berada dalam kondisi prima. Namun mereka cukup beruntung sebab bisa merebut gelar juara di depan publik sendiri.

Sayangnya hasil positif tak bisa diulangi pada turnamen Australia Open 2017. Tontowi/Liliyana langsung kalah di babak pertama. Ketika itu mereka beralasan bahwa stamina yang terkuras menjadi penyebab kegagalannya.

"Memang tidak bisa dipungkiri stamina kami belum kembali lagi. Kami baru sampai Australia hari Selasa pagi dan selama di Indonesia Open mainnya malam terus. Tetapi hari ini lawan juga bermain cukup bagus, kami terlalu lambat start-nya, kami juga kurang antisipasi," ujar Liliyana usai dikalahkan wakil Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing, Rabu (21/6/2017) lalu. (Baca Juga: Tontowi/Liliyana Gugur di Awal Turnamen
Berkaca dari kejadian tersebut, mereka kini harus selektif memilih turnamen. Keduanya tak ingin membuang tenaga sebab ujungnya bisa berakibat fatal.

"Saya dan Tontowi mau berdiskusi lagi dengan pelatih mengenai rencana pertandingan ke depannya. Kami mau lebih selektif memilih pertandingan. Jika pada pertandingannya dari babak awal sampai akhir sangat menguras fisik dan stamina, maka kami akan mempertimbangkan untuk ikut di pertandingan setelahnya," ungkap Liliyana.

"“Pertimbangannya, apakah kami bisa tampil maksimal atau tidak di turnamen setelahnya? Kalau tidak memungkinkan ya mending tidak usah ikut. Kami sadar usia kami tak muda lagi, kami harus bisa melihat situasi untuk tetap menjaga kondisi tubuh kami," jelasnya yang dikutip dari situs resmi PBSI.

Rencana Tontowi/Liliyana didukung penuh oleh pelatih Vita Marissa. Mereka akan duduk bersama untuk membahas kembali jadwal pertandingan selanjutnya.

"Sekarang ini kami memang harus melihat kondisi dan situasi. Dengan keadaan Tontowi/Liliyana seperti ini, semua bisa berpengaruh. Kemarin kan Liliyana masih dalam masa pemulihan, persiapan Tontowi pun belum full karena baru pulang dari Piala Sudirman," ungkap Vita yang pernah menjuarai Indonesia Open bersama Liliyana Natsir di nomor ganda putri.

Sepulangnya dari Australia, Tontowi/Liliyana kembali mempersiapkan diri menuju Kejuaraan Dunia 2017 yang akan berlangsung di Glasgow, Skotlandia, pada Agustus mendatang. Tontowi/Liliyana punya waktu satu bulan lebih untuk memulihkan kondisi mereka serta mengikuti program persiapan kejuaran dunia yang lebih intens.
(bep)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9407 seconds (0.1#10.140)