Menkumham Ungkap Mentan Belum Masuk Indonesia Setelah Dinas ke Luar Negeri

Selasa, 03 Oktober 2023 - 17:35 WIB
loading...
Menkumham Ungkap Mentan Belum Masuk Indonesia Setelah Dinas ke Luar Negeri
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Foto/Dok SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Yasonna Laoly menanggapi perihal keberadaan Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. Yasonna menyebut Syahrul Yasin Limpo belum tercatat masuk ke Indonesia seusai perjalanan dinas ke luar negeri.

"Belum-belum, belum masuk,” kata Yasonna kepada wartawan, Selasa (3/10/2023).

Yasonna menegaskan pihaknya tak bisa ikut campur mencari keberadaan Syahrul Yasin Limpo. Dia menilai hal itu bukan kewenangan keimigrasian.

"Kalau kita tak bisa cari, polisi dan KPK yang cari. Kalau kita kan kerjalah dengan negara-negara lain," ungkap Yasonna.

Lebih lanjut,Yasonna menyebutkan hingga saat ini belum ada surat permintaan bantuan dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). "Kalau kita tak bisa cari, polisi dan KPK yang cari kalau kita kan kerja lah dengan negara-negara lain,” jelasnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan tiba di Indonesia dari Roma, Italia, pada Minggu, 1 Oktober 2023. Keberadaan Syahrul Yasin Limpo di Italia dalam rangka menghadiri Konferensi Global tentang Peternakan Berkelanjutan Transformasi.

Rencana kedatangan Syahrul Yasin Limpo di Indonesia dari Italia merujuk surat yang diterbitkan oleh Angkasa Pura II dengan nomor 142/OIC/09/03/SI-VIP/2023 tentang penggunaan ruang VIP Bandara Soekarno-Hatta. Surat itu ditandatangani oleh Officer In Charge, Samsul Sutanto.



Dalam surat terbitan Angkasa Pura II yang dikantongi MNC Portal Indonesia, Syahrul Yasin Limpo terjadwal tiba di Indonesia menumpangi maskapai Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR 956. Qatar Airways dengan nomor QR 956 dijadwalkan tiba di Bandara Soekarno-Hatta pada pukul 15.25 WIB.

MNC Portal Indonesia sudah sempat menunggu kedatangan Syahrul Yasin Limpo di Bandara Soekarno-Hatta pada Minggu, 1 Oktober 2023. Namun, hasilnya nihil. Syahrul Yasin Limpo tidak tampak ada di manifes maskapai Qatar Airways dengan nomor penerbangan QR 956.

Mantan Gubernur Sulawesi Selatan tidak kunjung terlihat di Bandara Soekarno-Hatta hingga malam hari. Padahal, maskapai Qatar Airways QR 956 telah mendarat sejak pukul 14.56 WIB di Bandara Soekarno-Hatta. Di ruang VIP juga tidak ada catatan kehadiran Mentan Syahrul Yasin Limpo.
(zik)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1335 seconds (0.1#10.140)