Terobosan Angela Tanoesoedibjo di MotoGP Mandalika 2023: Rumah Warga Jadi Homestay untuk Penuhi Akomodasi

Selasa, 03 Oktober 2023 - 20:39 WIB
loading...
Terobosan Angela Tanoesoedibjo di MotoGP Mandalika 2023: Rumah Warga Jadi Homestay untuk Penuhi Akomodasi
Terobosan Angela Tanoesoedibjo di MotoGP Mandalika 2023
A A A
LOMBOK - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Angela Tanoesoedibjo , mengungkapkan harapannya agar diadakan lebih banyak acara atau event di daerah wisata untuk mencegah kenaikan harga penginapan yang signifikan. Menurutnya, meningkatnya jumlah event akan membantu menjaga stabilitas harga akomodasi.

Sirkuit Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi tuan rumah MotoGP Mandalika 2023 pada 13-15 Oktober mendatang. Antusiasme pengunjung untuk acara ini telah membuat penginapan di sekitar Mandalika menjadi langka. Beberapa warga setempat bahkan telah memanfaatkan situasi ini dengan menaikkan harga penginapan mereka.



Angela Tanoesoedibjo menyarankan agar rumah-rumah warga di sekitar Sirkuit Mandalika dijadikan homestay untuk mencukupi kebutuhan akomodasi selama acara MotoGP. Selain itu, ia mengusulkan agar diadakan lebih banyak event selain MotoGP agar harga penginapan dapat lebih stabil.

"Kami akan mendorong rumah-rumah warga untuk menjadi homestay, untuk mencukupi kebutuhan akomodasi selama MotoGP. Namun, yang paling penting adalah, sebenarnya di setiap negara ketika ada acara seperti ini, kenaikan harga bisa saja terjadi karena meningkatnya permintaan. Hal ini adalah hal yang wajar, dan kita perlu memastikan bahwa tingkat kenaikan tersebut masih dalam batas wajar. Ke depannya, kita perlu mengadakan lebih banyak event agar harga penginapan tetap stabil," ungkap Angela Tanoesoedibjo dalam wawancara dengan awak media, termasuk SINDOnews, Selasa (3/10/2023).

Lebih lanjut, Angela Tanoesoedibjo mendesak Pemerintah Daerah dan pelaku pariwisata untuk memanfaatkan momentum MotoGP Mandalika 2023 dengan memberikan pelayanan terbaik kepada wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Tujuannya adalah untuk menghadirkan Lombok sebagai tujuan wisata yang ramah dan bersahabat.

"Ketika ada lebih banyak event, maka harga akan lebih stabil. Tetapi, tentu saja, Pemerintah Daerah diharapkan dapat memberikan dukungan, dan kami juga mengajak pelaku pariwisata untuk memanfaatkan momentum ini untuk memberikan pelayanan terbaik. Mereka harus menunjukkan bahwa Lombok, Nusa Tenggara Barat, adalah destinasi yang ramah dan terbuka bagi para wisatawan," tegasnya.

Sebelumnya, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Sandiaga Uno, juga menyarankan wisatawan untuk menyewa rumah-rumah warga setempat selama MotoGP Mandalika 2023 berlangsung karena pembangunan hotel di Mandalika masih berjalan lambat.
(sto)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2949 seconds (0.1#10.140)