WSBK Laguna Seca: Pembalap Pengganti Nicky Hayden Tampil Lumayan

Minggu, 09 Juli 2017 - 00:01 WIB
WSBK Laguna Seca: Pembalap Pengganti Nicky Hayden Tampil Lumayan
WSBK Laguna Seca: Pembalap Pengganti Nicky Hayden Tampil Lumayan
A A A
LAGUNA SECA - Setelah Nicky Hayden meninggal dunia pada 22 Mei lalu, skuad Ten Kate Red Bull Honda WSBK hanya menurunkan satu motor bagi Stefan Bradl di Kejuaraan Dunia Superbike (WSBK) Donington Park dan Misano 2017. Tapi pada akhir pekan lomba di sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat, Jumat-Minggu (7-9 Juli) ini, Bradl tak lagi bertarung sendirian.

Adalah Jacob ‘Jake’ Gagne, pembalap yang saat ini berlaga di Kejuaraan Superbike MotoAmerica 2017 (sebelumnya bernama AMA Superbike). Ditunjuk oleh tim Honda WSBK untuk menggantikan mendiang Nicky Hayden saat perhelatan WSBK Laguna Seca 2017, di Amerika Serikat.

Ya, Gagne bakal melakoni debut di kelas utama WSBK dengan mengendarai Honda Fireblade SP2. Tim Honda kali ini tidak sembarangan mengambil pengganti mendiang Hayden di WSBK Laguna Seca.
Jake Gagne di AMA Superbike Utah 2013. (Foto-Motorsport)
Karena sebelumnya Gagne, yang pernah tampil di Moto2 pada 2011, sudah tak asing lagi dengan motor Honda Superbike. Ia menunggangi CBR1000RR dengan dukungan dari Genuine Broaster Chicken di ajang MotoAmerica 2017.

Setelah delapan seri pertama, juara Red Bull Rookies Cup dan AMA Superstock 100 itu kini berada di peringkat ke-10 dalam klasemen sementara MotoAmerica. Ia terpaut 109 poin di belakang pemuncak klasemen dan mantan pembalap MotoGP, Toni Elias.
Jake Gagne (kiri) berfoto bersama Stefan Bradl rekan setimnya di tim Red Bull Honda WSBK pada WSBK Lagune Seca 2017 di Amerika Serikat. (Foto-Honda WSBK)
“Bagi saya, ini mimpi yang menjadi kenyataan dan kehormatan besar untuk mendapatkan kesempatan balapan di Kejuaraan World Superbike, dengan tim balap bergengsi. Ini adalah kesempatan besar dan saya akan melakukan segalanya untuk melakukan pekerjaan terbaik ini, serta belajar sebanyak mungkin,” tutur Jake Gagne seperti ditulis Motorsport.

“Kepergian Nicky sangat menyulitkan kami semua. Tapi saya tahu, dia akan menonton kami dari atas dan saya berharap bisa membuat dia bangga. Laguna Seca akan selalu menjadi trek yang sangat istimewa bagi dia. Dan saya bangga untuk balapan di sana, di depan pendukung, serta menunjukkan apa yang saya bisa,” imbuhnya.

Sementara itu bos tim Red Bull Honda WSBK, Ronald ten Kate, menambahkan: “Jake adalah pembalap muda dan bertalenta, yang telah mengetahui Fireblade cukup baik di MotoAmerica. Ia juga telah memenangi banyak balapan di Laguna Seca.”

“Kami menyambut dia ke dalam tim dan memberikan dukungan terbaik mungkin dalam debutnya di World Superbike. Saya percaya diri, dia akan menikmati pengalaman ini dan melakukan yang terbaik di hadapan pendukungnya.”
Jake Gagne (Red Bull Honda WSBK) beraksi pada latihan bebas pertama WSBK Laguna Seca 2017 di Amerika Serikat. (Foto-Honda WSBK)
Kepercayaan yang diberikan tim Red Bull Honda WSBK dibalas Jake Gagne dengan hasil lumayan. Kala beraksi pada sesi latihan bebas pertama WSBK Laguna Seca 2017, ia mencatat waktu 1 menit 25,801 detik. Walau masih tertinggal 1,1 detik dari Bradl, ia bisa mengungguli empat pembalap lain untuk berada di urutan 16.

Sementara pada sesi latihan bebas kedua WSBK Laguna Seca 2017, Jake menajamkan catatan waktu terbaiknya ke angka 1 menit 25,618 detik untuk berada di posisi 17. Ia mengurangi ketinggalannya dari Bradl menjadi 0,9 detik.

Adapun sesi Superpole akan digeber pada Minggu (9/7) mulai pukul 01:00 hingga 01:40 dini hari WIB. Selang dua jam 20 menit, Race 1 WSBK Laguna Seca 2017 dilangsungkan mulai pukul 04:00 dini hari WIB. Sementara Race 2 dijadwalkan digelar Senin (10/7) mulai pukul 04:00 dini hari WIB.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3820 seconds (0.1#10.140)