Kisah Kuncen Wimbledon Berpatroli Selama 10 Tahun

Minggu, 16 Juli 2017 - 17:39 WIB
Kisah Kuncen Wimbledon Berpatroli Selama 10 Tahun
Kisah Kuncen Wimbledon Berpatroli Selama 10 Tahun
A A A
LONDON - Dalam hitungan jam Grand Slam Wimbledon 2017 akan segera berakhir. Laga final yang mempertemukan Roger Federer versus Marin Cilic akan menutup turnamen bergengsi tahunan ini.

Turnamen Wimbledon merupakan pertunjukan tenis paling prestisius. Sejumlah selebriti dunia, atlet ternama, hingga Kate Middleton terlihat hadir di All England Club untuk menyaksikan pertandingan di lapangan rumput.

Gaya berpakaian serta aksesoris yang dikenakan penonton seringkali menjadi objek pemberitaan media di seluruh dunia. Terlepas bagaimana mereka berpakaian ada satu hewan yang dianggap keramat oleh pihak penyelenggara.
Kisah Kuncen Wimbledon Berpatroli Selama 10 Tahun

Dia adalah seekor elang yang setia menjaga All England Club selama 10 tahun. Burung elang jenis Harris bernama Rufus menjadi sosok penting terhadap kesuksesan turnamen Wimbledon sejak 2007.

Burung elang asal Amerika Serikat ini bertugas di Lapangan Utama serta kawasan sekitarnya untuk mengusir burung merpati yang mendekat. Rufus selalu mengunjungi All England Club setiap minggu untuk mencegah burung Merpati terbang di lahan seluas 42 hektar tersebut.

Selama kompetisi utama, Rufus yang bisa dikatakan sebagai kuncen itu terbang sebelum gerbang terbuka untuk berpatroli dari pukul 05.00-10.00 (pagi waktu setempat). Meskipun saat ini elang itu sudah tak muda lagi, namun popularitasnya tak perlu diragukan lagi karena dia mampu mengalahkan nama besar seperti Andy Murray.

Rufus memiliki pengikut di akun media sosial Twitter sebanyak 10.000. Sehingga tak aneh jika setiap tahun penggemar antre untuk berfoto bersama Rufus. Bahkan tak jarang banyak yang mengenakan kostum yang menyerupai burung elang.

"Ini pada dasarnya adalah tempat bermainnya, dan dia sangat menyukainya," kata Imogen Davis, pengasuh elang tersebut.

Hilang dari Kandang


Burung elang itu pernah dilaporkan hilang pada 2012 lalu. Rufus menghilang bersama kandangnya saat berada di mobil yang terparkir di barat daya pinggiran Wimbledon. Meskipun sempat membuat heboh, namun dia akhirnya kembali ke tangan pemiliknya Imogen Davis.

Polisi saat itu sulit mengungkap identitas pelaku pencuri Rufus. Pasalnya, pemilik burung elang itu tidak membeberkan ciri-ciri pelaku tersebut.

Baca Juga: Antara Langganan Menang, Petenis Tertua, hingga di Luar Big Four
Pria Irlandia Bikin Heboh Wimbledon 2017
(sha)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5505 seconds (0.1#10.140)