alexa snippet

Jadi Juara Wimbledon, Roger Federer Raih 6 Rekor

Jadi Juara Wimbledon, Roger Federer Raih 6 Rekor
Roger Federer berhasil mencetak enam rekor setelah menjadi juara di Wimbledon 2017. Foto : Ist
A+ A-
LONDON - Roger Federer bukan hanya mencatatkan dirinya sebagai 'penguasa' Wimbledon setelah menumbangkan Marin Cilic di final. Enam rekor di era terbuka langsung dicatat petenis asal Swiss.

Sukses yang direngkuh Federer di laga puncak Wimbledon akhir pekan lalu akan selalu dikenang pencinta tenis dunia. Federer mampu bangkit dari keterpurukan beberapa tahun sebelumnya karena deraan cedera.

Dan berikut ini enam rekor yang berhasil ditorehkan Federer. seperti dilansir Sportskeeda, Senin (17/7/2017) :
1. Sebagai peraih gelar terbanyak grand slam di era terbuka dibandingkan petenis manapun, putra atau putri.
Gelar kedelapan di Wimbledon sekaligus menggeser Pete Sampras dengan tujuh gelarnya. Federer unggul tiga gelar sejak menjadi juara di Australia Terbuka 2010, Wimbledon 2012 dan Australia Terbuka 2017. Total, Federer kini sudah mengemas 19 gelar grand slam dan sudah melewati raian mantan ratu tenis dunia Martina Navratilova dan Chris Evert. Raihan 19 gelar ini membuat Federer kini bergabung dengan Margaret Court, Serena Williams, dan Steffi Graf.

2. Dua tahun meraih paling banyak gelar grand slam dibandingkan petenis manapun di era terbuka grand slam.
Tahun 2004 dan 2007, bisa dibilang tahunnya grand slam buat Federer. Pada 2004, ia berhasil menyapu bersih empat gelar dan di 2007 Federer hanya kehilangan gelar di Prancis Terbuka.

Tahun ini pun Federer mulai mencatatkan dirinya sebagai petenis haus gelar setelah menyabet dua gelar di Australia Terbuka dan Wimbledon. Ini akan menjadi tahun keenam Federer memenangi gelar multiple yang sebelumnya pernah dibuat pada 2004, 2005, 2006, 2007 dan 2009.

Prestasi ini hanya bisa dilakukan Serena Williams yang meraih gelar terbanyak di tahun 2002, 2003, 2009, 2010, 2012, 2013, and 2015.

3.Peraih tiket final Wimbledon kedua terbanyak  di era terbuka.
Keberhasilannya mengalahkan Tomas Berdych di semifinal, Federer membuat rekor sebagai petenis paling banyak kedua lolos ke partai puncak. Rekor terbanyak masih dipegang petenis legendaris, Martina Navratilova yang berhasil bermain di final sebanyak 12 kali.

4. Petenis tertua kedua yang berhasil menembus final di era terbuka
Usianya 35 tahun dan 340 hari membuat Federer sebagai petenis tertua di dunia yang berlaga di final Wimbledon. Rekor petenis tertua masih dipegang Kenneth Rosewall pada 1974. Ketika itu Rosewall tampil di usia 39 tahun dan 246 hari

5. Petenis pria perih gelar terbanyak Wimbledon.
Keberhasilan Federer meraih gelar Wimbledon pada 2012 menyamai prestasi yang dibuat Pete Sampras dengan tujuh gelar. Gelar tahun ini makin menempatkan Federer di daftar peraih gelar terbanyak pria.

6. Petenis tertua peraih gelar Wimbledon di era terbuka.
Federer menjadi juara putra tertua di Wimbledon dengan delapan gelar. Rekor sebelumnya dipegang
Arthur Ashe yang sanggup meraihnya di usia 31 tahun.



(bbk)
loading gif
Top