Taiwan Menjadi Surga Pekerja Migran Indonesia

Selasa, 10 Oktober 2023 - 10:41 WIB
loading...
Taiwan Menjadi Surga Pekerja Migran Indonesia
Suasana resepsi Hari Nasional Republic of China (Taiwan) ke-112 di Hotel Borobudur Jakarta, Senin (9/10/2023) malam. Foto/Istimewa
A A A
JAKARTA - Taiwan menjadi surga bagi pekerja migran Indonesia. Kepala Taipei Economic and Trade Office (TETO) John Chen mengungkapkan Taiwan dan Indonesia menjadi mitra pembangunan yang hebat didorong oleh Kebijakan ke Arah Selatan (New Southbound Policy), sehingga menghasilkan hubungan antarmasyarakat yang erat dalam berbagai aspek.

Saat ini, ada sekitar 400.000 warga negara Indonesia (WNI) yang bekerja, belajar, dan tinggal di Taiwan. Di antaranya ada sekitar 260.000 pekerja migran Indonesia. Di sisi lain, ada 20.000 warga Taiwan yang menjalankan bisnis di Indonesia.

‘’Untuk para pekerja migran Indonesia, Taiwan memberikan gaji, asuransi kesehatan, dan kesejahteraan bagi pekerja migran Indonesia yang terbaik dibandingkan pekerja migran asing lainnya,’’ ungkap John Chen saat resepsi Hari Nasional Republic of China (Taiwan) ke-112 di Hotel Borobudur, Jakarta, Senin (9/10/2023) malam.

Di bidang pendidikan, saat ini terdapat lebih dari 16.600 pelajar Indonesia yang sedang mengejar gelar pendidikan tinggi di Taiwan. Indonesia menjadi negara penyumbang pelajar asing terbesar kedua untuk Taiwan.

John Chen juga mengungkapkan di bidang pertanian, Taiwan memiliki sejarah kerja sama panjang dengan Indonesia yang dapat ditelusuri kembali ke tahun 1976. Selama 47 tahun terakhir, Taiwan Technical Mission (TTM), bekerja sama dengan pemerintah dan swasta di Indonesia, melaksanakan banyak inisiatif dan proyek berharga di Indonesia, meliputi Pulau Jawa, Bali, Sulawesi, dan Sumatera.

Dalam aspek bantuan kemanusiaan, John Chen mengatakan bahwa Taiwan tidak ketinggalan dibandingkan negara lain, pascagempa Cianjur pada November 2022. Pemerintah Taiwan segera menyumbangkan USD100.000 untuk rekonstruksi sekolah-sekolah di daerah bencana, termasuk memberikan bantuan sembako. Kepedulian Taiwan membawa harapan baru bagi para korban bencana.

Kerja sama Taiwan dan Indonesia juga mencakup pencegahan dan pengendalian demam berdarah, survei, dan pemetaan lahan, perawatan medis, pembuangan sampah, dan daur ulang sumber daya. Taiwan juga membantu Indonesia yang sedang berupaya mengembangkan ekosistem kendaraan listrik (EV) dalam negeri.

Taiwan juga ikut berpartispasi dalam pengembangan Ibu Kota Nusantara (IKN). ‘’Hal ini merupakan proyek kerja sama yang potensial bagi pemerintah dan perusahaan swasta Taiwan dan Indonesia,’’ jelasnya.

John Chen percaya dengan terus dikembangkannya kebijakan baru ke arah Selatan, kerja sama yang saling menguntungkan dan erat antara Taiwan dan Indonesia akan terus meningkat.

Taiwan Makin Maju


John Chen menyatakan, Taiwan telah dikenal luas sebagai negara yang berprestasi tinggi di banyak bidang. Sebagai contoh, Taiwan menduduki peringkat pertama di dunia selama lima tahun berturut-turut dalam Global Health Care Index by Country pada tahun ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1190 seconds (0.1#10.140)