Kembali Ramaikan WSBK, Suzuki Andalkan 2 Mantan Pembalap MotoGP

Rabu, 19 Juli 2017 - 13:50 WIB
Kembali Ramaikan WSBK, Suzuki Andalkan 2 Mantan Pembalap MotoGP
Kembali Ramaikan WSBK, Suzuki Andalkan 2 Mantan Pembalap MotoGP
A A A
HAMAMATSU - Di tengah-tengah libur musim panas para pembalap dan tim Superbike (WSBK). Muncul kabar kuat atas kembalinya tim pabrikan Suzuki, serta sejumlah pergantian pembalap untuk proyek musim 2018.

Ya, Kejuaraan Dunia Balap Superbike (WSBK) 2017 telah berlangsung lebih dari separuh musim. Akhir pekan lomba di sirkuit Laguna Seca, Amerika Serikat, 8-9 Juli lalu, merupakan ronde ke-8 musim ini.

Sekarang, para pembalap dan tim peserta tengah menikmati libur musim panas. Mereka baru akan kembali mengaspal lagi untuk menyelesaikan musim balap 2017 pada ronde 9, di sirkuit EuroSpeedway Lausitz, Jerman, 19-20 Agustus mendatang.

Nah, kala para pembalap dan tim peserta WSBK 2017 sedang bermandi sinar matahari di tepi pantai. Muncul beberapa kabar yang boleh dibilang bakal menambah ramai persaingan antar tim dan pembalap di WSBK musim depan.

Kabar gembira yang pertama ialah, rumor kembalinya tim pabrikan Suzuki ke arena balap Superbike makin menguat. Teraktual, pabrikan yang berbasis di Hamamatsu Jepang tersebut tertarik untuk menggunakan jasa dua mantan pembalap MotoGP dan juga WSBK buat proyek musim depan.
Toni Elias membalap untuk tim Suzuki di MotoAmerica 2017. (Foto-Istimewa)
Calon pembalap tim Suzuki di WSBK 2018 yang pertama ialah Toni Elias. Juara dunia Moto2 2010 dan peraih 1 gelar seri plus 6 podium kelas bergengsi MotoGP itu, kini memperkuat tim Suzuki di MotoAmerica.

Setelah memulai pada musim 2016. Elias telah memenangkan 8 dari 12 race pada kejuaraan balap superbike teratas di Amerika Serikat itu musim ini.

Tanda-tanda Suzuki bakal kembali ke kancah balap superbike dunia, dikemukakan sendiri oleh pembalap 34 tahun asal Spanyol tersebut kepada Speedweek belum lama ini.

“Debut yang sulit buat motor (Suzuki GSX-R1000), karena kami memiliki beberapa masalah (pada 2016). Namun sekarang motor ini cepat, stabil, dan konsisten di setiap jenis trek,” beber Elias.

“Motor ini memiliki potensi yang signifikan. Saya yakin kami juga bisa memperjuangkan hasil bagus di kejuaraan dunia (WSBK),” imbuhnya.

Dengan nominasi pertama jatuh ke tangan Elias. Kandidat terkuat pembalap tim Suzuki untuk WSBK 2018 adalah Sylvain Guintoli. Belakangan ia setia bersama Suzuki, walau saat ini hanya terjun di British Superbike (BSB).

Atas kesetiannya tersebut, Guintoli yang pernah berkiprah di kelas bergengsi bersama tim Tech 3 Yamaha serta Pramac Racing Ducati. Dapat kesempatan menggantikan posisi Alex Rins yang cedera di MotoGP Prancis, Italia, dan Catalunya.

Akhir bulan ini, pembalap 35 tahun asal Prancis tersebut juga dapat kepercayaan memperkuat tim Suzuki buat menggeber GSX-R1000 di lomba ketahanan Suzuka 8 Hours.

Bicara balapan superbike, kemampuan Guintoli tak perlu diragukan lagi. Karena ia pernah keluar sebagai juara dunia WSBK 2014 saat menggeber motor RSV4 milik tim pabrikan Aprilia.

Perlu diketahui pula bila Suzuki yang telah ikut serta sejak WSBK dimulai pada 1988, mengakhiri kiprah mereka pada akhir 2015. Mereka duduk di peringkat 6 klasemen tim pabrikan dengan meraih 32 kemenangan. Satu-satunya gelar juara dunia yang pernah mereka raih dipersembahkan oleh Troy Corser pada 2005.

Sementara itu, bursa pembalap WSBK 2018 rupanya juga ikutan bergejolak. Berkenaan dengan tim papan atas, sepertinya tidak akan banyak berubah, seperti di Kawasaki dan Yamaha.

Sedangkan untuk Ducati, masih menunggu kepastian Chaz Davies apakah ia bakal naik kelas ke MotoGP atau tidak. Sedangkan Honda mencari pengganti mendiang Nicky Hayden buat menemani Stefan Bradl.

Tim Honda Ten Kate WSBK kabarnya tengah melirik Sandro Cortese, pembalap 27 tahun asal Jerman yang juga juara dunia Moto3 musim 2012. Tapi pengalaman Leon Camier (saat ini memperkuat MV Agusta) mungkin lebih berguna ketimbang Cortese yang masih hijau.

Adapun dua tim privatir juga sedang mencari pembalap baru untuk WSBK 2018. Tim Puccetti Kawasaki membidik Leon Haslam, yang saat tampil dengan wild card musim ini merebut posisi kedua di WSBK Donington Park, Inggris. Sedangkan tim Pedercini tengah mempertimbangkan Riccardo Russo.
(sbn)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.1248 seconds (0.1#10.140)