Tetap Berkah dalam Menggapai Cuan Masa Depan

Jum'at, 13 Oktober 2023 - 15:22 WIB
loading...
Tetap Berkah dalam Menggapai Cuan Masa Depan
Bagi para masyarakat yang masih takut investasi karena riba dapat memilih jenis reksa dana syariah. Reksa dana syariah tidak mengandung unsur-unsur yang dinilai tidak sesuai dengan syariat islam. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Masa depan merupakan hal yang tidak bisa dihindari oleh setiap orang di dunia ini. Dalam menjalani kehidupan, setiap manusia akan menjalani beberapa fase yang harus disiapkan sejak dini. Salah satu fase kehidupan manusia yang harus disiapkan adalah masa depan terutama hari tua .

Masa depan harus disiapkan karena membutuhkan kesiapan finansial dan mental, beberapa orang menganggap masa depan dapat disiapkan ketika kita sudah tua nanti, faktanya semakin tua akan semakin sulit jika tidak mempersiapkan sejak dini.



Persiapan kebutuhan masa depan bukan hanya soal dana pendidikan, asuransi kesehatan dan properti saja. Beberapa masyarakat kebanyakan menyepelekan bahwa masa depan terkait dana pensiun di hari tua membutuhkan jumlah dana yang besar dan masyarakat hanya berfokus pada pengeluaran untuk kebutuhan pokok harian dan bulanan saja, namun lupa harus menyiapkan kebutuhan di hari tua ketika sudah tidak lagi produktif.

Menyiapkan kebutuhan dana pensiun diperlukan kesadaran yang tinggi pada setiap individu dan konsisten dalam mendapatkannya. Beberapa masyarakat beranggapan bahwa kebutuhan di hari tua nanti dapat dipenuhi oleh anak mereka, hal ini yang membuat seseorang terkadang sulit mencapai kestabilan finansial berkepanjangan.



Dana pensiun seharusnya sudah disiapkan sejak dini ketika seseorang sudah mulai bekerja dan berpenghasilan. Dalam mengumpulkan dana pensiun terdapat banyak cara yang dapat dilakukan, seperti menabung dan berinvestasi.

Menabung dan investasi memiliki fungsi yang berbeda, menabung memiliki fungsi sebagai alokasi dana cadangan dan investasi merupakan kegiatan penanaman modal yang akan mendapatkan imbal hasil.

Menumbuhkan kesadaran investasi di masyarakat, diperlukan literasi mengenai investasi. Sudah seharusnya literasi keuangan digencarkan oleh lembaga keuangan di Indonesia, mengingat pentingnya finansial yang stabil dibutuhkan oleh setiap orang.

Beberapa masyarakat Indonesia masih menganggap bahwa untuk menyiapkan kebutuhan lebih baik menabung, padahal dengan investasi mereka akan memiliki passive income untuk masa depan. Salah satu investasi yang cukup mudah dan dengan modal yang minim adalah jenis reksa dana.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.3273 seconds (0.1#10.140)